Informasi Kehadiran Peserta Perlu Segera Diketahui
13 Mei 2011 Admin Website Artikel 238

SAMARINDA - Informasi tentang kehadiran peserta menjadi sangat penting dalam persiapan Penas XIII mendatang. Informasi tersebut dibutuhkan terutama untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para peserta Penas, khususnya dalam hal penyiapan transportasi dan akomodasi.

Ketua Umum Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Nasional, Winarno Tohir mengatakan kedatangan peserta melalui jalur transportasi udara biasanya datang dengan menggunakan pesawat carter dan sebagian besar datang pada malam hari.

"Panitia daerah harus mengetahui secara lebih pasti agar peserta yang datang pada malam hari tersebut tetap terlayani secara baik hingga pemondokan yang dituju," kata Winarno Tohir.

Ribuan peserta yang datang dalam rombongan dan jumlah yang cukup besar membutuhkan koordinasi yang tepat dan akurat. Sebab itu, jadual kedatangan peserta dari berbagai daerah harus segera diketahui panitia daerah untuk mempersiapkannya secara matang.

Panitia daerah dan panitia pusat juga harus mempertimbangkan berbagai hal terkait kedatangan dan kepulangan peserta. Pasalnya menurut dia, dari pengalaman pelaksanaan Penas sebelumnya di Sumatera Selatan dengan jumlah 23.000 peserta setidaknya diperlukan waktu 7 hingga 8 hari, karena terbatasnya jumlah penerbangan.

Banyak daerah ingin pulang lebih cepat, tapi seat penerbangan sudah penuh untuk beberapa hari. Hal-hal seperti ini juga harus diperhatikan agar pelayanan hingga tuntasnya penyelenggaraan Penas tetap bisa berjalan baik.

"Mudah-mudahan karena di Sepinggan Balikpapan jumlah penerbangannya lebih banyak, waktu kepulangan dari Kaltim bisa dilakukan lebih cepat,"

Bukan hanya persoalan layanan transportasi, Winarno juga memberi saran agar persoalan pemondokan dan hotel bagi para undangan dan tamu Penas bisa disiapkan dengan baik.

SUMBER : HUMAS PROV. KALTIM

 


Artikel Terkait