Disbun Gelar Pelatihan Internet Dasar Berbasis Aplikasi Pemerintahan
22 November 2011 Admin Website Artikel 300

SAMARINDA. Dinas Perkebunan Kaltim menggelar Pelatihan Internet Dasar Berbasis Aplikasi Pemerintahan kepada 20 orang petugas perkebunan Provinsi, Kamis (17/11) lalu. Pelatihan selama 2 hari itu dibuka secara resmi Kadisbun Kaltim diwakili Kepala Bidang Perlindungan Ir. Bambang F. Fallah, MP yang didampingi Kepala Sub Bagian Perencanaan Program, Ir.H. Sudihardani, MP.

Kadisbun Kaltim diwakili Kabid Perlindungan Ir. Bambang F. Fallah, MP dalam sambutannya mengatakan, di era globalisasi saat ini, informasi teknologi (IT) telah menjadi suatu kebutuhan sehari-hari dan sangat berharga bagi kehidupan manusia tidak terkecuali bagi petugas perkebunan. “Seiring dengan menyongsong era e-Government, sebagai seorang PNS dituntut untuk mampu menguasai informasi teknologi yang saat ini terus mengalami perkembangan, melalui penguasaan komputer dan internet para peserta bisa mengetahui perkembangan dunia yang diperoleh melalui jaringan internet”, ujar Bambang.

Kadisbun Kaltim berharap kepada para peserta pelatihan internet tersebut agar sungguh-sungguh berlatih supaya kedepan bisa mengetahui cara menggunakan komputer dan bisa menggunakan internet sehingga bisa meningkatkan kualitas kinerja di lingkungan kerja. “Manfaatkanlah semaksimal mungkin kesempatan yang berharga ini, sebab kedepan, semua petugas akan diharuskan memiliki keterampilan dibidang IT”, harapnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Perencanaan Program, Ir.H. Sudihardani, MP mengatakan, kegiatan pelatihan internet bagi petugas perkebunan tersebut merupakan salah satu program dari Disbun Kaltim dalam rangka pemanfataan TIK di lingkungan Disbun Kaltim sendiri. “Sistem pelatihannya meliputi pengenalan internet dasar, pengenalan website Disbun, pembuatan dan penggunaan email dengan suasana yang dibikin seakrab mungkin, sehingga peserta tidak segan-segan langsung menanyakan apa yang tidak diketahui tentang internet”, jelas Sudihardani

Dalam kesempatan kali ini, sebagai narasumber juga dihadirkan dari Diskominfo Prov. Kaltim, Kabid Aptel, Drs. Alwi Gasim yang memberikan arahan mengenai Implementasi e-Government di Lingkungan Pemerintah Kalimantan Timur. Selanjutnya materi pelatihan dan praktek dipandu oleh Tim IT Disbun sendiri.

Sudihardani berharap setelah kegiatan pelatihan tersebut, para peserta bisa lebih memahami dan lebih terampil dalam menggunakan komputer dan internet. “Diharapkan setelah selesai mengikuti pelatihan ini peserta bisa lebih trampil dalam menggunakan komputer dan lebih memahami cara penggunaan media internet”, harapnya.

Ditambahkannya, tahap awal dari pengembangan e-government yang paling mendasar yakni pengoperasian situs web (website). Pada tahun 2005, Disbun Kaltim berpartisipasi dalam lomba situs web bagi badan/dinas lingkup pertanian provinsi se Indonesia yang diselenggarakan Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian. Pada ajang itu, website Disbun Kaltim telah berhasil meraih juara kedua. Selanjutnya, pada 2009 dan 2010 lalu website Disbun Kaltim hanya masuk dalam nominasi 10 besar. Namun, pada 2011 ini website Disbun Kaltim kembali meraih juara kedua nasional. (rey)

SUMBER : SUB BAGIAN PERENCANAAN PROGRAM


Artikel Terkait