Harga minyak sawit turun 1%
05 Agustus 2011 Admin Website Artikel 293

KUALA LUMPUR: Harga minyak kelapa sawit terkoreksi hingga 1%. Ini terjadi akibat cuaca baik di Amerika Serikat yang menyebabkan produksi kedelai meningkat, sehingga mengangkat pasokan minyak nabati global selain kelapa sawit, untuk digunakan sebagai bahan makanan dan bahan bakar.

Kontrak minyak kelapa sawit untuk pengiriman Oktober turun sebanyak 1% menjadi US$1,044 atau 3.106 ringgit per ton di Malaysia Derivatives Exchange dan mengakhiri sesi pagi di level 3.116 ringgit. Kontrak berjangka minyak kelapa sawit telah menyusut hingga 18% tahun ini.

"sedikitnya pasokan yang datang di luar ekspektasi. Minyak kelapa sawit turun karena pasar biji-bijian," ujar Analis CIMB Investment Bank Bhd Ivy Ng di Kuala Lumpur hari ini.

Dewan Kelapa Sawit Malaysia merilis cadangan produsen terbesar kedua telah menyediakan 2,05 juta ton pada Juni lalu, setelah mencapai volume tertinggi mencapai 2,27 juta ton pada November 2008.

Sementara itu, harga jagung pun melemah dalam dua hari ini di Chicago akibat kekhawatiran perlambatan ekonomi global. Perlambatan tersebut membuat konsumen dan perusahaan komoditas di AS mengurangi permintaan biji-bijian yang digunakan untuk makanan, pakan, dan biofuel.


DIKUTIP DARI BISNIS INDONESIA, KAMIS, 4 AGUSTUS 2011

Artikel Terkait