Gula Semut Miliki Nilai Ekonomi Tinggi
09 Juni 2016 Admin Website Berita Kedinasan 505
Gula Semut Miliki Nilai Ekonomi Tinggi

SAMARINDA. Enau atau Aren (Arenga pinnata) ternyata mampu menghasil air nira yang dapat diolah menjadi gula aren (gula merah) yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Hal tersebut diungkapkan kepala Dinas Perkebunan Kaltim Hj Etnawati pada pelatihan pengolahan Gula Semut di Desa Tuana Tuha Kecamatan Kenohan Kukar pada Mei lalu.

Menurut dia, kunci sukses bagi bisnis usaha gula aren atau gula semut adalah proses pengolahan (produk hilir).

"Selama ini air nira (aren) hanya diolah gula merah. Padahal nilainya tinggi apabila diolah menjadi gula semut yang mudah dijual baik di pasar maupun swalayan," ujarnya.

Selain itu, gula semut dalam olahan makanan dapat memberikan keuntungan besar bagi pelaku usaha karena memiliki manis alami.

Karenanya, pelatihan ini diharapkan mampu mendorong masyarakat (petani) mengolah dan memanfaatkan nira aren sebagai gula semut.

"Kegiatan ini selain mendukung dan pembinaan sekaligus memberikan peluang usaha pengolahan gula semut sebagai nilai tambah bagi masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu Kepala UPTD Teknologi Terapan Perkebunan Hj Siti Rahmi mengatakan nira dapat diolah menjadi minuman ringan maupun beralkohol, sirup, gula dan nata de Arenga.

"Sebanyak 20 peserta dari sepuluh kelompok tani Desa Tuana Tuah dilatih selama tiga hari untuk keterampilan mengolah nira aren menjadi gula semut," ujar Siti Rahmi.

Dia menambahkan kegiatan sejak 16-18 Mei dengan narasumber dari UPTD Teknologi Terapan Perkebunan melalui metode penyampaian materi, diskusi dan praktek langsung proses produksi gula semut.(yans/adv)

SUMBER :UPTD TEKNOLOGI TERAPAN PERKEBUNAN


Artikel Terkait