Gaji ke 13 PNS Cair Bulan Depan
28 Mei 2009 Admin Website Artikel 736
"Gaji ke-13 itu kan sudah diatur dalam Undang-undang APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Saya cuma ingin katakan bahwa presiden dan wakil presiden tak bisa memolitisasi gaji ke-13 karena ini kewajiban pemerintah," ujar Wapres Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Jakarta, kemarin (27/5).

Pencairan gaji ke-13 sudah dilakukan sejak enam tahun lalu di masa Presiden Megawati Soekarnoputri. Karena itu, Megawati juga bisa mengklaim berperan dalam pembagian insentif gaji ke-13 bagi PNS.

Tahun ini, gaji ke-13 sengaja dibagikan Juni atau tengah tahun anggaran. Pertimbangannya, Juli adalah tahun ajaran baru sekolah sehingga pencairan insentif diharapkan meringankan beban PNS yang masih menyekolahkan putra-putrinya. "Biaya SPP sekolah memang sudah gratis. Tapi, bagaimanapun, kan tetap butuh beli baju, sepatu, dan macam-macam alat tulis," ujar Kalla.

Sebelumnya, gaji ke-13 dicairkan setiap Lebaran sebagai wujud solidaritas atas pegawai swasta yang mendapatkan tunjangan hari raya. Namun, pencairan menjelang Lebaran dinilai tak adil karena pemerintah tidak memberikan gaji ke-13 menjelang Natal.

Sebelumnya, calon presiden (capres) Megawati juga mengingatkan agar pembayaran gaji ke-13 tidak digunakan sebagai ajang kampanye dua kandidat yang kini duduk sebagai presiden dan wakil presiden.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, KAMIS, 28 MEI 2009

Artikel Terkait
Layanan Perkebunan Online
Info Permohonan Informasi
Layanan Pengaduan
Statistik
Online 1
Pengunjung Hari Ini 1030
Halaman Dikunjungi Hari Ini 3221
Total Pengunjung 44364
Total Halaman Dikunjungi 191150
Government Public Relation