Forum Komunikasi Perkebunan Berkelanjutan Bahas Prioritas Kerja Tahun 2023
10 November 2022 PPID Berita Daerah 145
Forum Komunikasi Perkebunan Berkelanjutan Bahas Prioritas Kerja Tahun 2023

SAMARINDA. Forum Komunikasi Perkebunan Berkelanjutan (FKPB) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) membahas program kerja prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2023 mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Berkelanjutan Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim, Ir. Asmirilda, M.P menjelaskan, FKPB periode 2022-2025 baru dibentuk berdasarkan hasil musyawarah pada April lalu.

FKPB merupakan sebuah forum multi pihak yang terdiri dari kelompok kerja, dewan pakar dan anggota yang berasal dari berbagai latar belakang profesi. Mulai dari Perangkat Daerah (PD), akademisi perguruan tinggi, asosiasi perkebunanan, komunitas, lembaga swadaya, hingga masyarakat umum.

Pembahasan pogram kerja prioritas FKPB untuk tahun 2023, merupakan rapat perdana yang dilakukan oleh forum ini.

“Secara umum kita akan membahas rencana kerja secara umum sampai tahun 2025. Namun, lebih diprioritaskan untuk program kerja tahun 2023,” kata Ir. Asmirilda mewaliki Kepala Disbun Kaltim saat membuka Pertemuan FKPB Provinsi Kaltim. Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Kegiatan Tahun 2022-2025 dan Program Prioritas Tahun 2022-2023, di Hotel Swiss Bell Samarinda, Kamis (10/11/2022).

Lebih lanjut, Asmirilda menyampaikan, pembentukan FKPB ini merupakan amanat dari Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2018 Pasal 68. Dalam regulasi tersebut, disebutkan bahwa pemerintah daerah mendorong untuk terbentuknya FKPB.  

Forum ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk pengembangan perkebunan berkelanjutan di Provinsi Kaltim.

“Keberadaan forum ini juga bisa mendorong terlahirnya regulasi baru di bidang perkebunan berkelanjutan. Misalnya di bidang pengelolaan ANKT (Area Dengan Nilai Konservasi Tinggi,red) dan hal lain yang masih berkaitan dengan perkebunan,” imbuhnya.

Disbun juga mendorong FKPB bisa terbentuk di setiap kabupaten/kota. Sementara ini, FKPB tingkat kabupaten/kota baru terbentuk di Berau. Menyusul dalam proses pembentukan, FKPB di Kabupaten  Kutai Kartanegara (Kukar) dan Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Turut hadir membersamai kegiatan ini, Ketua Harian FKB Kaltim, Ir. H. Yus Alwi Rahman, M.Si beserta Pokja dan Dewan Pakar FKPB, pejabat Disbun Kaltim, perangkat daerah terkait, dan asosiasi perkebunan kelapa sawit. (KRV/pt)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait