Disbun Siap Bantu Bibit Melalui Program Bansos
08 Agustus 2012 Admin Website Artikel 313

SAMARINDA. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim, siap memberikan bantuan bibit kepada petani melalui program bantuan sosial (bansos) yang bersumber dana APBD.

Kepala Disbun Kaltim, Ir Etnawati yang didampingi Ir Bambang F. Fallah, Kepala Bidang Pengembangan menyampaikan kesiapan pihaknya dalam memberikan bantuan bibit kepada petani tersebut.

"Kami siap membantu, asalkan apa yang menjadi persyaratan nantinya dapat dipenuhi untuk mendapatkan bantuan bibit tersebut," ujar Bambang.

Yang paling mendasar persyaratan tersebut adalah proposal sebagai bukti adanya permintaan dari masyarakat dengan dilengkapi Calon Penerima dan Calon Lahan (CP/CL).

"Ini dimaksudkan agar proposal tersebut tidak dianggap fiktif atau mengada-ada apabila ada pemerikasaan baik dari inspektorat atau Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)", katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan survey ke lapangan untuk membuktikan kebenaran CPCL, dimana desa tersebut yang meminta bantuan bibit karet maupun kelapa sawit.

Ditambahkannya, Disbun telah menganggarkan untuk pemberian bibit kepada masyarakat. Bantuan ini walaupun sepenuhnya belum mencukupi kebutuhan, akan tetapi dengan adanya bantuan ini, biaya yang dikeluarkan masyarakat petani untuk membuka lahan baru jelas sangat terbantukan.

"kami akan tetap konsisten dalam membantu petani dengan terus menggulirkan bantuan bibit kepada mereka. Dan diharapkan kepada masyarakat yang telah mendapat bantuan agar digunakan semaksimal mungkin, jangan sampai bantuan yang telah diterima dijual kembali. Selain itu, diperlukan kerjasama semua pihak dalam melakukan kontrol dalam penyaluran bibit, supaya penyalurannya tepat sasaran", harap Bambang lagi. (rey)

SUMBER : BIDANG PENGEMBANGAN


Artikel Terkait