Faroek : Usulkan Ditanami Karet
15 Februari 2008 Admin Website Artikel 337
"Saya usulkan sepanjang jalan poros Sengata-Bontang untuk ditanami karet, dan kawasan tersebut dijadikan Hutan Tanaman Rakyat (HTR)," kata Awang Faroek Ishak.

Faroek optimis dengan tanaman karet di sepanjang jalan poros Sengata-Bontang, selain mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga akan memperindah kawasan tersebut. Karena, sepanjang pinggir jalan dipenuhi dengan pepohonan. Apalagi, kondisi saat ini di sepanjang jalan tersebut sangat gersang.

"Tanaman karet ini merupakan tanaman keras dan memiliki jangka waktu yang lama," katanya.

Selain itu tambahnya, jika tanaman karet itu dilaksanakan, kawasan itu kembali hijau lagi. Sebab, saat ini kondisinya sangat memperihatinkan, karena cukup gersang. Selain hijau kembali, masyarakat juga memperoleh penghasilan dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berdomisili di kawasan itu.

Setidaknya, tanaman karet itu mampu mengembalikan kawasan TNK hijau dan asri. Dengan demikian, fungsi TNK juga akan lebih baik lagi di masa mendatang. Beberapa waktu lalu, pihaknya juga telah melakukan pemagaran kawasan itu bekerjasama dengan perusahaan yang ada di Kutim. Langkah ini dimaksudkan untuk membatasi kawasan mana yang tidak boleh dijarah dan mengamankan hutan lindung tersebut.

Mantan anggota DPR RI dua periode ini mengungkapkan, apabila Dephut menyetujui enclave sebagian kawasan TK itu, dia optimis segala permasalahaan mengenai TNK bisa segera diatasi, karena sudah ada kepastian hukumnya.

Menurut Faroek, jika di kawasan tersebut ditanami karet tentu akan menambah penghasilan dari masyarakat. Oleh sebab itu, pihaknya mengusulkan kepada pemerintah pusat agar menyetujui penanaman karet di sepanjang jalan Sengata-Bontang tersebut.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, JUMAT, 15 PEBRUARI 2008

Artikel Terkait