(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Pertemuan Ikatan Pemandu Lapang Perkebunan

25 September 2012 Admin Website Artikel 2375

SAMARINDA. Dalam rangka menunjang kegiatan pemandu lapang perkebunan di Kaltim, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim menyelenggarakan Pertemuan Ikatan Pemandu Lapang Perkebunan tingkat Kaltim, di Hotel Grand Sawit, Samarinda, Kamis (20/9) pekan lalu.

Kepala Disbun Kaltim, Ir. Etnawati, M.Si diwakili oleh Kepala Bidang Perlindungan, Ir.H. Yus Alwi Rahman, M.Si mengatakan pertemuan ikatan pemandu lapang ini dimaksudkan untuk menyatukan pola pikir diantara pemandu lapang untuk kegiatan kepemanduan selanjutnya dan sekaligus penyegaran pengurus ikatan pemandu lapang pengendalian hama terpadu perkebunan rakyat di Kaltim.

"Pemandu lapang perkebunan ini bertugas memandu petani dikebunnya agar mampu mandiri dan dapat mengambil kebijakan dilahannya sendiri, termasuk dalam penanganan dan pengendalian gangguan organisme pengganggu tanaman (OPT)", ungkap Yus Alwi dalam pembukaan acara pertemuan tersebut.

Menurutnya, Disbun Kaltim melalui anggaran APBD dan APBN mengadakan kegiatan Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT) bagi petani kakao dan lada di beberapa kabupaten, dimana keberadaan pemandu lapang perkebunan menjadi peranan penting dalam keberhasilan SL-PHT ini, yang saat ini jumlahnya semakin berkurang.

Dari hasil pelaksanaan pertemuan ini, Yus Alwi berharap, tercipta hubungan kerja yang harmonis antara pemandu lapang dengan petugas dari Bidang Perlindungan DIsbun Kaltim. Selain itu, tersusunnya Petunjuk Lapang (PETLAP) SL-PHT untuk komoditas karet dan kelapa sawit sebagai masukan dari pemandu lapang. (rey)
 
SUMBER : BIDANG PERLINDUNGAN

Artikel Terkait