Website Disbun Kembali Raih Penghargaan Nasional
21 Oktober 2014 Admin Website Berita Kedinasan 335
Website Disbun Kembali Raih Penghargaan Nasional
SAMARINDA. Situs web Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim (https://disbun.kaltimprov.go.id/) kembali menoreh prestasi di tingkat nasional. Pasalnya, melalui lomba web yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian RI, website milik Disbun berhasil masuk tiga besar nasional.

Kepala Disbun Kaltim, Hj. Etnawati mengatakan website milik Disbun telah berhasil menyisihkan 62 website Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi lingkup Kementerian Pertanian di seluruh Indonesia.

"Website Disbun adalah pelayanan publik yang menggunakan sarana teknologi dan informasi. Dengan diraihnya nominasi 3 besar ini, berarti target kami tercapai. Sekaligus pembuktian bahwa Kaltim, khususnya Disbun mampu bersaing dengan Provinsi lainnya dalam penyelenggaraan teknologi dan informatika," ungkapnya.

Diterangkan, lomba web nasional yang bertema "Situs Web Sebagai Sarana Keterbukaan Informasi Untuk Meningkatkan Partisipasi Publik Menuju Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik" ini telah berlangsung sejak April yang lalu dan merupakan ajang kesebelas kalinya diselenggarakan oleh Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (PUSDATIN) Kementerian Pertanian.

Sedangkan pesertanya terdiri dari Unit Eselon I di lingkup Kementerian Pertanian, SKPD Pertanian tingkat Provinsi maupun kabupaten dan kota serta UPTD Pusat seluruh Indonesia yang telah memiliki situs web.

Menurutnya, penilaian tim juri melalui 2 proses, diantaranya penilaian secara online yang dilakukan tanggal 18 Agustus – 1 Oktober 2014 dan tahap wawancara yang digelar di Tangerang, Banten 15-16 Oktober lalu, telah ditetapkan tiga web terbaik untuk kategori Provinsi, yakni Badan Ketahanan Pangan Riau, Disbun Jawa Barat dan Disbun Kaltim, namun peringkatnya baru akan diumumkan pada bulan November mendatang.

Etnawati menambahkan. prestasi Disbun Kaltim ini merupakan prestasi di tingkat nasional untuk keempat kalinya, setelah tahun 2005, 2011 dan 2012. Sementara itu, web Disbun pernah enam kali mendapatkan nominasi web terbaik sepanjang penyelenggaraan lomba website Kementerian Pertanian.

"Prinsipnya target utama tidak hanya sebatas menoreh prestasi pengelolaan website terbaik, namun juga memaksimalkan dan mempermudah layanan dalam bentuk informasi kepada masyarakat petani dan pekebun guna meningkatkan partisipasi publik menuju tata kelola pemerintahan yang baik," kata Etnawati lagi. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait