Etnawati : Waspada Kebakaran Lahan dan Kebun
13 Agustus 2015 Admin Website Berita Kedinasan 309
Etnawati : Waspada Kebakaran Lahan dan Kebun


SAMARINDA. Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim, Hj. Etnawati menghimbau kepada seluruh Kepala Dinas  yang membidangi perkebunan di Kabupaten/Kota se Kaltim, petani pekebun dan pelaku usaha perkebunan agar waspada terhadap kebakaran lahan dan kebun.

Etnawati mengatakan, imbauan tersebut dilakukan berdasarkan data satelit NOAA tentang Prediksi Fine Fuel Moisture Code (potensi kemudahan terjadinya kebakaran) , yang menginformasikan terdapat peningkatan titik panas pada beberapa wilayah di Kaltim.

"Meningkatnya jumlah titik panas di wilayah Kaltim akibat rendahnya curah hujan di bulan Agustus ini. Curah hujan dengan 0-100 mm terjadi di sebagian besar Pulau Kalimantan, khususnya wilayah Kaltim,"  ungkap Etnawati yang didampingi Kepala Bidang Perlindungan, Henny Herdiyanto, Rabu (12/08).

Sehubungan dengan prakiraan dan sifat hujan tersebut, Etnawati menuturkan pihaknya telah menyurati kepala dinas yang membidangi perkebunan di kabupaten dan kota untuk mengambil langkah - langkah antisipatif, diantaranya melakukan pemantauan perkembangan titik panas tersebut sehingga dapat mengantisipasi dan mitigasi terjadinya kebakaran lahan dan kebun.

Ditambahkan, perlu dioptimalkannya peran satgas/regu pemadam kebakaran lahan dan kebun pada perusahaan perkebunan melakukan patroli di lapangan secara intensif.

"Dari hasil pemantauan dan upaya mitigasi tersebut dapat dilaporkan secara berkala sehingga   usaha - usaha pencegahan kebakaran lahan dan kebun dapat dimaksimalkan sedini mungkin," jelasnya. (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG PERLINDUNGAN


Artikel Terkait