(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Enam Tahun Berturut-Turut, Empat Desa di Paser Terima Reward KTPA

31 Mei 2023 PPID Berita Daerah 1142
Enam Tahun Berturut-Turut, Empat Desa di Paser Terima Reward KTPA

TANA PASER. Empat desa di Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser kembali menerima penghargaan berupa uang oleh PT Muaratoyu Subur Lestari selama enam tahun berturut-turut. Penghargaan uang diberikan kepada Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) di empat desa sebagai reward Desa Bebas Kebakaran.

"Masing-masing desa menerima uang sebesar Rp50 juta per KTPA yang diberikan oleh perusahaan," kata Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ahmad Muzakkir diwakili Kepala Bidang Perkebunan Berkelanjutan, Asmirilda, Rabu (31/05) siang.

Adapun desa yang mendapat penghargaan yakni Desa Bente Tualan, Desa Mendik, Desa Munggu dan Desa Muaratoyu, karena telah berhasil menjaga wilayah desanya dari bahaya kebakaran lahan perkebunan di sepanjang tahun 2022.

Acara penyerahan penghargaan dibuka Camat Long Kali, Pujiono dan dihadiri Disbun Kaltim, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Paser, Manggala AGNI, Kapolsek Longkali, BPBD Paser, Danrem dan Kades Bente Tualan, Mendik, Munggu dan Muaratoyu.

Diterangkan, dasar kegiatan terkait kebakaran lahan dan kebun (Karlabun) sesuai Perda Nomor 7 tahun 2018 tentang Pembangunan Perkebunan Berkalanjutan.

"Reward diberikan, karena KTPA telah menjaga desa merela tidak ada kebakaran, serta dalam rangka penurunan emisi gas rumah kaca. Tentunya ini menjadi satu indikator yang mendukung keberhasilan program inovasi Iman Karlabun," ungkap Asmirilda lagi. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait