Dukung Program Sawit 1 Juta Hektar
24 Maret 2012 Admin Website Artikel 295

TANJUNG REDEB. Kepala Dinas Perkebunan Berau Basri Sahrin menegaskan pembangunan perkebunan hingga Maret 2012 ini tercatat 61 ribu hectare, tersebar di seluruh kecamatan di Bumi Batiwakkal. Upaya menggenjot luasan perkebunan kelapa sawit terus dilakukan, baik menarik minat investor bidang perkebunan, maupun swadaya masyarakat pekebun kelapa sawit perorangan, maupun plasma perkebunan besar swasta (PBS).

Untuk Berau ditargetkan bisa kembali membangun perkebunan kelapa sawit 19 hektare hingga akhir tahun. Melihat potensi dan komitmen sejumlah perusahaan perkebunan, target itu dipastikan tercapai. "Bahkan kemungkinan jumlah lahan perkebunan terbuka bisa lebih dari itu," ungkapnya.

Komitmen perusahaan perkebunan itu, tidak hanya sebatas penyampaian semata. Tetapi melalui bidang bina usaha perkebunan terus melakukan pemantauan di lapangan, atas aktivitas perusahaan yang telah mengantongi izin. Terlihat komitmen perusahaan terus melakukan pembibitan tanaman hingga tanam pada lahan baru. 

Komitmen bukan hanya bagi perusahaan yang lama beroperasi dan menghasil buah sawit, tetapi perusahaan yang baru melakukan pembukaan lahan, meskipun luasan kebun belum didaftar pada target pencapaian 1 juta hektar.

Dinas Perkebunan juga melakukan pembinaan kepada petani perorangan untuk terus mengembangkan usaha perkebunan. Serta meminta perusahaan tetap berkomitmen membangun kebun plasma dengan areal 20 persen dari luasan izin yang diterima. "Selain mendukung program 1 juta hektare sawit, juga menyejahterakan petani di Berau," tandasnya.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, SABTU, 24 MARET 2012

Artikel Terkait