Disbun Kunjungi Pabrik Pengolahan Karet PT Multi Kusuma Cemerlang
17 Juli 2017 Admin Website Berita Kedinasan 326
Disbun Kunjungi Pabrik Pengolahan Karet PT Multi Kusuma Cemerlang

SAMARINDA. Pabrik pengolahan karet milik PT Multi Kusuma Cemerlang (MKC) memberikan warna baru bagi pembangunan perkebunan di Kaltim. Karena kehadirannya paling ditunggu di bumi etam untuk menjawab keresahan petani karet akibat anjloknya harga jual karet.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perkebunan Kaltim yang diwakili Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil, H. Yus Alwi Rahman, Rabu (12/07) pekan lalu. Yus Alwi bersama rombongan berjumlah 9 orang sengaja berkunjung ke PT MKC di Palaran, Samarinda Seberang, sengaja berkunjung terkait dengan pembangunan pabrik pengolahan karet pertama di Kaltim ini.

Yus Alwi Rahman mengatakan, dengan adanya pabrik karet sendiri, petani di Kaltim tidak perlu menjual karet mentah ke luar daerah, yang selama ini dijual ke wilayah Kalimantan Selatan.

"Pabrik karet di Kaltim memang sangat dibutuhkan, karena saat ini produksi karet semakin meningkat setiap tahunnya. Tercatat, tahun 2016 luas tanaman karet di Kaltim mencapai 116.869 Ha dengan produksi karet mencapai 62.106 ton. Sedangkan produktivitasnya mencapai 1.259 kilogram per hektare," papar Yus Alwi.

Selain membantu petani, lanjutnya, diharapkan keberadaan pabrik pengolahan karet juga akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat.

"Jadi, selain mensejahterakan petani karet, pabrik itu juga ikut mendukung menggerakkan perekonomian daerah, ditambah lagi banyak tenaga kerja yang terserap," katanya lagi. (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG PENGOLAHAN DAN PEMASARAN HASIL


Artikel Terkait