Disbun Terus Dorong Pembentukan UPPB
26 Agustus 2020 Admin Website Berita Daerah 46
Disbun Terus Dorong Pembentukan UPPB

LONG MESANGAT. Kepala Dinas Perkebunan Kaltim diwakili Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran, H. Surya Dharma Herman mengatakan Kaltim merupakan salah satu provinsi penghasil karet di Indonesia, dengan luas areal mencapai  118.638 hektar dengan produksi sebesar 52.817 ton karet kering.

“Mengingat penghasil utama karet adalah perkebunan rakyat, harus ada upaya untuk membina petani karet, supaya produktivitas dan mutu karet menjadi lebih baik, salah satunya adalah dengan membentuk Unit Pengolahan dan Pemasaran Hasil Bokar (UPPB),” ungkap Surya sesaat membuka Bimtek Pembentukan UPBB di Desa Mukti Utama, Kecamatan Long Mesangat Kabupaten Kutai Timur, Rabu (26/08) pagi tadi.

Dijelaskannya, pembentukkan UPPB sangat erat kaitannya dengan upaya meningkatkan pendapatan petani karet. Sebab lanjutnya, petani dapat menjual Bokar kepada industri atau pabrik crumb rubber dengan harga tinggi.

Diakui, hingga saat ini telah dibentuk sebanyak 10 UPPB. “Kami berharap jumlah UPPB yang akan dibentuk terus bertambah agar pemberdayaan dan kesejahteraan petani karet turut meningkat” imbuhnya.

Pertemuan Bimtek Pembentukan UPPB diikuti oleh 50 orang petani karet dari  kelompok tani Harapan Jaya dan Sri Rejeki. Turut hadir Camat Long Mesangat, Kepala Desa Mukti Utama, Dinas Perkebunan Kutai Timur,.petugas lapang dan Babinsa Long Mesangat serta UPT Kesehatan Long Mesangat. Sebagai narasumber Edy Santoso dari UPPB Lancar Jaya. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait