Disbun Serahkan Bantuan Bibit Karet, Lada dan Kelapa Sawit
22 September 2015 Admin Website Berita Kedinasan 336
Disbun Serahkan Bantuan Bibit Karet, Lada dan Kelapa Sawit

SAMARINDA. Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim kembali menyalurkan bantuan kepada petani di sentra – sentra pengembangan komoditas unggulan perkebunan berupa bibit, pupuk dan herbisida. Pada tahun 2015 ini Disbun menyediakan puluhan ribu pokok bibit karet, lada dan kelapa sawit yang potensinya sangat menjanjikan.

Kepala Disbun Kaltim diwakili Kepala Bidang pengembangan, Bambang F. Fallah mengatakan Disbun telah mengalokasikan 200 ribu bibit karet, 100 ribu bibit lada dan 104 ribu bibit kelapa sawit yang akan diberikan kepada beberapa kelompok tani yang tersebar di beberapa kecamatan se Kaltim.

Adapun penerima bantuan bibit karet, diantaranya adalah enam kelompok tani dari empat kecamatan (Sebulu, Muara Kaman, Muara Jawa dan Marang Kayu) di Kabupaten Kutai Kartanegara sebanyak 135 ribu bibit, satu kelompok tani di kecamatan Kaliorang dari Kabupaten Kutai Timur sebanyak 20 ribu bibit dan tiga kelompok tani dari dua kecamatan (Penajam dan Sepaku) di kabupaten Penajam Paser Utara sebanyak 45 ribu bibit karet.

Kemudian, Bambang melanjutkan, sebanyak lima kelompok tani dari dua kecamatan (Muara Badak dan Loa Janan) di Kabupaten Kutai Kartanegara menerima bantuan sebanyak 100 ribu bibit lada.

Selanjutnya, bantuan bibit kelapa sawit diberikan kepada delapan kelompok tani dari empat kecamatan (Marang Kayu, Loa Kulu, Muara Kaman dan Muara Badak) di Kabupaten Kutai Kartanegara sebanyak 32.500 bibit, delapan kelompok tani dari tiga kecamatan (Kaliorang, Long Mesangat dan Bengalon) di kabupaten Kutai Timur sebanyak 48.360 bibit, empat kelompok tani dari dua kecamatan (Penajam dan Sepaku) di kabupaten Penajam Paser Utara sebanyak 16.640 bibit dan satu kelompok tani di kecamatan Mook Manaar Bulant, Kabupaten Kutai Barat sebanyak 6.500 bibit kelapa sawit.

"Bantuan bibit untuk program peningkatan produksi dan kesejahteraan petani ini sudah mulai disalurkan oleh Disbun kepada beberapa penerima bantuan. Hanya tersisa bantuan bibit kelapa sawit saja yang belum disalurkan karena masih dalam proses," tutur Bambang.

Dalam pemberian bantuan bibit ini, Bambang menjelaskan sebelumnya telah dilakukan pendataan dan verifikasi lapangan dari tim Disbun. Pendataan dilakukan terhadap calon pekebun dan calon lahan (CP/CL) yang memang harus dilengkapi sebelum bantuan diberikan.

"Pendataan ini sangat penting untuk memastikan bibit yang diserahkan juga bisa langsung ditanam dengan ketersediaan lahan yang disiapkan pekebun," papar Bambang.

Selain itu, Bambang menambahkan, setiap tahunnya Disbun juga menyalurkan bantuan berupa pupuk dan herbisida dalam upaya mendorong peningkatan kualitas hasil produksi perkebunan, yakni 40 ribu kilogram pupuk NPK dan dua ribu liter herbisida untuk perluasan areal komoditi karet, 24 ribu kg pupuk NPK dan 250 liter herbisida untuk perluasan areal komoditi lada dan 80 ribu kg pupuk NPK dan 4.470 liter herbisida untuk ekstensifikasi perkebunan kelapa sawit. (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG PENGEMBANGAN


Artikel Terkait