Disbun Optimalkan Keterbukaan Informasi Melalui Website
09 Juni 2015 Admin Website Berita Kedinasan 295
Disbun Optimalkan Keterbukaan Informasi Melalui Website
BALIKPAPAN. Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan dan implementasi keterbukaan infomasi publik berbasis web, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim menggelar Pelatihan Internet Berbasis Aplikasi Pemerintah yang diperuntukkan bagi 20 petugas perkebunan dari Provinsi maupun Kabupaten/Kota se Kaltim.

Sekretaris Disbun Kaltim, H. Yus Alwi Rahman, dalam sambutannya menyampaikan semakin kuatnya arus globalisasi merupakan tantangan sekaligus peluang dalam pembangunan perkebunan di masa mendatang, sehingga diperlukan arus komunikasi dan informasi yang cepat, tepat dan akurat guna menunjang pembangunan perkebunan.

"Seiring dengan Undang Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dalam mewujudkan tercapainya kesejahteraan masyarakat dalam hal informasi sub sektor perkebunan yang merupakan prasyarat terpenuhinya pelayanan yang memadai bagi masyarakat, Disbun berupaya meningkatkan pelayanan publik melalui sarana teknologi informasi berbasis web" kata Yus Alwi Rahman.

Menurut Yus Alwi Rahman, banyak hal yang dilakukan dalam upaya perbaikan citra pelayanan publik, meskipun masih jauh dari kesempurnaan yang diharapkan semua pihak, oleh karena itu melalui pelatihan ini diharapkan peningkatan kualitas pelayanan di sektor perkebunan melalui media website menjadi salah satu terobosan guna mendorong percepatan reformasi birokrasi di daerah.

Yus Alwi berharap, agar peserta pelatihan bersungguh-sungguh berlatih supaya kedepan mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan dapat menyajikan informasi perkebunan di website sehingga potensi daerah, kemampuan dan sumberdaya yang ada di kabupaten/kota dapat diketahui semua pihak melalui media visual berbasis internet.

Ditambahkan, rencananya lomba situs web Kementerian Pertanian tahun 2015 kembali digelar, melalui pelatihan ini menjadi SKPD yang membidangi perkebunan di kabupaten/kota dalam meremajakan situs webnya masing – masing, sehingga pada tahun ini dan juga tahun yang akan datang bisa masuk sebagai nominasi, bahkan menjadi juara nasional.

"Beberapa tahun berturut – turut web Disbun Kaltim telah meraih prestasi dalam penyampaian informasi publik, yakni empat kali meraih juara ke-2 nasional Lomba Situs Web Lingkup Kementerian Pertanian, diantaranya tahun 2005, 2011, 2012 dan 2014. Sehingga kami berharap dinas perkebunan di kabupaten/kota pada tahun ini maupun tahun yang akan datang bisa menjadi nominasi bahkan menjadi juara,” papar Yus Alwi Rahman lagi.

Dalam kesempatan ini turut dihadirkan narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informasi Kaltim, Biro Humas dan Protokol Setda Kaltim dan Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, Kementerian Pertanian. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait