Disbun Gelar Bimtek Pembentukan UPPB
01 Juli 2021 Admin Website Berita Daerah 43
Disbun Gelar Bimtek Pembentukan UPPB

BONGAN. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim menggelar Bimbingan Teknis/Pembentukan Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) di Kampung Tanjung Sari Kecamatan Bongan Kabupaten Kutai Barat, Selasa 29 Juni 2021.
 
Kegiatan selama 1 hari diikuti 25 peserta dengan narasumber Ketua UPPB Lancar Jaya Edy Santoso, dihadiri Pengelola Teknologi Pasca Panen Dinas Pertanian Kabupaten Kutai Barat dan Petugas Penyuluhan Pertanian Kecamatan Bongan.

Kepala Disbun Kaltim Ujang Rachmad mengemukakan keberadaan UPPB sangat strategis dalam mendorong peningkatan kualitas karet (Bokar).

"Untuk mendapat peluang pasar dari produsen/pelaku usaha produk karet, diperlukan perbaikan mutu bahan olahan karet atau Bokar," katanya

Dijelaskannya, Bokar atau bahan olah karet berasal dari lateks atau getah yang digumpalkan dengan asam semut atau bahan penggumpal yang direkomendasikan Pusat Penelitian Karet seperti specta, deorub atau menggunakan asam semut. 

Didampingi Kepala Seksi Pengolahan Pasca Panen Hesti Sri Darmeswari, Ujang mengatakan hal lain yang perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu Bokar adalah melakukan pengawasan terhadap mutu Bokar di kelompok tani (Gapoktan) maupun UPPB.

Bimtek diisi penyampaian materi dari para narasumber dan diskusi, diakhiri dengan pembentukan kepengurusan dan lembaga UPPB Jaya Mandiri.

"Pengurus yang terbentuk akan melengkapi struktur kepengurusan dan Angaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga," harapnya. (yans/sdn/humasprovkaltim)


SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait