(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Bantu Peralatan Pasca Panen Karet

01 April 2018 Admin Website Berita Daerah 3615
Disbun Bantu Peralatan Pasca Panen Karet
SAMARINDA. Dalam upaya mendukung peningkatan program pengembangan pengolahan perkebunan dan peningkatan mutu dari komoditi perkebunan, khususnya karet, maka Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Perkebunan akan memberikan bantuan berupa peralatan pasca panen diperuntukkan bagi sembilan kelompok tani yang tersebar di tiga kabupaten dan kota, yakni Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Barat dan Kota Samarinda.

“Untuk tahun anggaran 2018 ini, kami memperoleh dukungan dana baik dari Angggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) maupun dari Angggaran Pendapatan dan Belanja Negara pada Satuan Kerja Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun, Satker 05), Kementerian Pertanian guna mendukung kegiatan penanganan pasca panen komoditi karet di Kabupaten Kutai Kartanegara (4 kelompok tani), Kutai Barat (2 kelompok tani) dan Samarinda (2 kelompok tani),” kata Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmad, Kamis (29/03) kemarin.

Ujang memaparkan, Kaltim merupakan daerah yang sangat sesuai untuk pengembangan dan pembangunan subsektor perkebunan, termasuk komoditi karet. Bantuan yang diberikan dimaksudkan untuk memacu semangat pekebun agar pengolahan pasca panen karet (lateks) menjadi lebih berkualitas sesuai standard nasional.

Adapun peralatan pasca panen berupa pisau sadap, mangkok sadap, ring mangkok sadap, talang sadap, bak pembeku dan bahan pembeku lateks, sementara yang bersumber dana dari APBN ada tambahan saringan lateks. (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG PENGOLAHAN DAN PEMASARAN HASIL

Artikel Terkait