SKPD Wajib Kelola Situs Web
16 April 2014 Admin Website Berita Daerah 307
SKPD Wajib Kelola Situs Web

SANARINDA. Kemudahan mengakses informasi sangat penting dalam rangka memberikan kepuasan masyarakat. Penyediaan informasi dengan cepat, tepat, akurat dan menyeluruh menjadi kewajiban pemerintah daerah sebagai badan publik. Untuk itu, diharapkan website Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kaltim bisa memperbarui data secara berkala.

"Ada hal yang lebih penting berkaitan dengan predikat pertama yang di raih Kaltim secara Nasional dalam Keterbukaan Informasi Publik. Yaitu peranan teknologi informasi terutama website di masing-masing SKPD dalam menyediakan data dan informasi yang akurat," ujar Kabid Teknologi Informasi Akhmad Mulyadi pada pelatihan operator website bagi SKPD Kaltim, di Warung Informasi Etam Katim (WIEK) Diskominfo Kaltim, Selasa (15/4). 

Ditambahkan, adanya pelatihan website ini diharap meningkatkan ilmu dan wawasan guna menunjang keterbukaan informasi publik. Nantinya, SKPD dapat mengelola dengan baik website di instansi masing-masing. Sehingga menarik minat masyarakat untuk melihat, menyimak dan kemudian masyarakat dapat memberikan masukan.

Akhmad menyatakan, pengelolaan website secara aman diarahkan pada jaminan keamanan data yang disajikan. Ini agar informasi yang disajikan tidak bertentangan. Setidaknya informasi yang disajikan harus dapat dipertanggungjawabkan dan dipastikan kebenarannya.

"Informasi yang disampaikan harus bisa dipertanggung jawabkan karena siapa saja bisa mengaksesnya. Kapan dan dimanapun berada dengan berbagai keperluan. Jangan sampai informasi yang disajikan berdampak negatif, terlebih merugikan pihak lain," sebutnya.

Itu sebabnya, pengelola harus memahami kaedah-kaedah pengelolaan secara aman. Dengan begitu nantinya tidak hanya informasi yang dapat diakses dengan cepat menggunakan perangkat TI. Tapi juga pelayanan publik, Apalagi Diskominfo sudah memfasilitasi pemasangan jaringan untuk mendukung pelaksanaannya.

Diterangkan, website Disbun juga telah beberapa kali menoreh prestasi di tingkat nasional melalui lomba situs web Kementerian Pertanian, diantaranya 10 besar terbaik tahun 2009 dan 2010, 3 kali meraih juara ke-2, yakni tahun 2005, 2011 dan 2012. Sementara tahun 2013 berada di peringkat 4 nasional.

Pelatihan dilaksanakan selama satu hari. Akhmad Mulyadi mewakili Kepala Dinas Kominfo didampingi Kabid Aplikasi Telematika Husaini. Diikuti 80 peserta dari SKPD Kaltim se-Kaltim.

SUMBER : DISKOMINFO PROV. KALTIM


Artikel Terkait