Bantu Petani Disbun Salurkan Bibit Gratis
06 April 2010 Admin Website Artikel 278
#img1# Demikian disebutkan Kepala Dinas Perkebunan Akhmadi Baharuddin, didampingi Kepala Bidang Produksi Zulkifli Hasibuan. Dikatakannya, tahun 2010 ini, Pemkab Kutim bakal menyalurkan bantuan bibit gratis kepada kelompok tani sebanyak 156.400 pohon bibit untuk tiga jenis komoditi, yakni masing-masing 110.000 bibit kelapa sawit, 24 ribu bibit karet dan 22.400 bibit aren.

Tapi, kepada calon penerima bibit, Zulkifli mengimbau agar bibit itu tidak diperjualbelikan. Juga jangan diterlantarkan. Tapi bantuan bibit gratis itu hendaknya dirawat dan dibudidyakan dengan benar dan sebaik-baiknya.

Meskipun gratis, untuk mendapat bibit tersebut harus melalui prosedur, yakni melalui pengurus kelompok tani yang ada di 18 kecamatan. Pengurus kelompok tani membuat proposal yang diketahui Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), diketahui kepala desa dan camat setempat. Proposal itu kemudian itu disampaikan kepada Disbun.

Untuk memudahkan pendistribusian bibit bantuan gratis itu, Disbun membagi tiga zona kecamatan. Kecamatan yang masuk zona I, yakni Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Rantau Pulung dan Bengalon. Zona II yakni Sangkulirang, Kaliorang, Kaubun, Karangan, dan Sandaran. Berikut kecamatan yang masuk Zona III yakni Muara Wahau, Kongbeng, Telen, Batu Ampar, Muara Bengkal, Muara Ancalong, Long Mesangat dan Busang.

Adapun peta pembagian bibit gratis tersebut, dijelaskan Zulkifli, 110 ribu bibit kelapa sawit rencana ditanam pada lahan seluas 1.045 Ha yang tersebar di zona I, II dan zona III. Rinciannnya, untuk zona I bantuan bibit gratis kelapa sawit yang disalurkan sebanyak 33.400 bibit yang akan ditanam pada lahan seluas 345 Ha. Zona II sebanyak 36.500 pohon bibit sawit yang ditanan pada lahan seluas 350 Ha. Dan, zona III sebanyak 40 ribu bibit ditanam pada lahan seluas 350 Ha.

Sementara bantuan bibit karet yang akan disebat di 18 kecamatan dibagi tiga zona, yakni di zona I sebanyak 7.500 bibit untuk ditanam pada lahan seluas 400 Ha. Di zona II 8.000 bibit pohon untuk ditanam pada lahan seluas 300 Ha. Untuk zona III sebanyak 8.500 bibit untuk ditanam kelompok tani di atas lahan seluas 300 Ha.

Sedangkan bibit pohon aren untuk dua kecamatan, yakni Teluk Pandan dan Sangkulirang. Untuk Desa Kandolo, Kecamatan Teluk Pandan sebanyak 10.700 pohon bibit aren dan 11.700 bibit pohon untuk Desa Bridan, Kecamatan Sangkulirang untuk ditanam pada lahan seluas masing-masing 10 Ha.

Selain membagi bibit gratis untuk tiga komoditas, Disbun juga melakukan uji varitas tanaman nilam pada lahan seluas 4 haktar tahun ini.

DIKUTIP DARI SAMARINDA POS, SENIN, 5 APRIL 2010

Artikel Terkait