Petani Harus Mampu Manfaatkan Handphone
25 Juni 2014 Admin Website Berita Daerah 456
Petani Harus Mampu Manfaatkan Handphone

SAMARINDA. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak berharap para petani di Kaltim  lebih cerdas memanfaatkan alat komunikasi masa kini seperti handpone dengan berbagai fasilitas kecanggihannya. 

Memanfaatkan kecanggihan teknologi, para petani dapat memesan pupuk lebih mudah dari distributor, hingga diantar ke lokasi yang diinginkan. Para petani tidak perlu lagi jauh-jauh ke kota, misalnya sekedar untuk membeli pupuk. 

"Saya yakin para petani memiliki uang banyak dan semua sudah punya handpone. Jaman sudah maju, jadi manfaat alat komunikasi modern yang dimiliki dengan baik. Cukup dengan layanan SMS  (short message service), petani bisa mengembangkan produksi pertanian mereka dengan lebih baik,"kata Awang Faroek Ishak, Selasa (24/6) kemarin.

Gubernur memaparkan,  pembangunan pertanian merupakan tugas dan tanggungjawab semua pihak, bukan hanya pemerintah atau petani saja. Pembangunan pertanian ini sangat penting sebab sektor pertanian di Kaltim digadang-gadang akan menjadi lokomotif ekonomi baru, paska menurunnya sumber daya alam tak terbarukan. 

Program pertanian dan perkebunan, peternakan hingga perikanan masih sangat potensial. Sehingga diperlukan komunikasi yang baik antara petani atau masyarakat dengan pemerintah, sehingga pembangunan pertanian berjalan sukses.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim, Hj. Etnawati menambahkan pihaknya telah lama mengembangkan layanan online berbasis, short massage service (SMS) center atau pusat layanan sms. Layanan ini merupakan wadah menampung saran, kritik dan pengaduan masyarakat melalui media sms.

Selain itu, lanjutnya, sms center juga diperuntukkan dalam memudahkan para petani dan masyarakat mengetahui perkembangan harga sejumlah komoditas perkebunan di daerah ini.

"Cukup dengan mengirimkan sms ke 08125551001, maka kami akan merespon segala bentuk saran, kritik dan pengaduan melalui sms BUNKALTIM. Selain itu, petani akan menerima informasi harga komoditi melalui sms," jelas Etnawati. (rey/disbun)

SUMBER :HUMAS PROV.KALTIM


Artikel Terkait