2015, Pabrik CPO Beroperasi di Biatan
18 Desember 2014 Admin Website Berita Daerah 297
2015, Pabrik CPO Beroperasi di Biatan
TANJUNG REDEB. Pabrik Crude Palm Oil (CPO) di Berau tahun 2015 mendatang, akan bertambah. Seiring dengan rencana Dwiwira Lestari Jaya (DLJ), salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit yang akan meresmikan pabrik CPO Januari 2015. Dengan begitu, pabrik CPO merata hampir di semua kecamatan.

Menurut Bupati Berau Makmur HAPK, ia baru saja meninjau lokasi pabrik CPO di Biatan milik DLJ yang sahamnya dimiliki anggota DPR-RI Luther Kombong. Kunjungannya itu sekaligus meninjau perumahan yang dibangun oleh perusahaan. "Ini menjadi awal yang baik tahun 2015," katanya.

Sebab, dengan kehadiran pabrik CPO tersebut, akan melengkapi keberadaan pabrik di hampir semua wilayah, kecuali di Tanjung Batu yang saat ini masih dalam tahap konstruksi. “Kelay, Segah, dan Kecamatan Pesisir sudah memiliki pabrik CPO,” kata Makmur, yang datang bersama Wabup Ahmad Rifai.

Ia menegaskan, CPO akan mampu menyerap tenaga kerja yang cukup besar. Juga memberikan kesempatan kepada masyarakat, untuk menjadi bagian dari perusahaan perkebunan, melalui perkebunan plasma. "Saya yakin, dalam dua tahun, masyarakat di Kecamatan Biatan dan sekitarnya akan meningkat pendapatannya," kata Makmur.
 
Makmur sejak awal mengingatkan, pabrik CPO kelak hendaknya mempersiapkan untuk membagi listrik kepada masyarakat. Pasokan listrik ini melalui kerja sama perusahaan dengan PLN.
 
Selain mengunjungi pabrik CPO, Bupati juga melihat fasilitas di lokasi pemandian air panas dan SMK 14 di Biatan. Ketika mengunjungi dua lokasi tersebut, Makmur sempat menegur penempatan fasilitas toilet yang tidak sesuai dengan peruntukannya. "Saya minta pembangunan toilet di pemandian air panas dan SMK 14 untuk dievaluasi lagi, karena tidak sesuai penempatannya," kata dia. (hms6/rom/k14)

SUMBER : KALTIM POST, SENIN, 15 DESEMBER 2014

Artikel Terkait