(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Gubernur : Peremajaan Sawit Rakyat Strategis Untuk Peningkatan Produktivitas Sawit

14 Oktober 2022 Admin Website Berita Daerah 1346
Gubernur : Peremajaan Sawit Rakyat Strategis Untuk Peningkatan Produktivitas Sawit

Gubernur Kaltim Isran Noor meminta dan mengingatkan perusahaan-perusahaan besar yang berusaha di Kaltim, untuk memfokuskan anggaran Corporate Social Responsibility CSR) digunakan membantu program pembangunan rumah layak huni (RLH).

“Enam persen penduduk dikategorikan miskin, salah satu komponennya tidak memiliki rumah,” sebut Gubernur Isran saat Syukuran HUT ke-57 Bankaltimtara, yang digelar di Kantor Pusat Bankaltimtara, di Samarinda, Jumat (14/10/2022).

Gubernur Isran mengatakan, Pemprov Kaltim telah menargetkan pembangunan sebanyak 1.500 RLH, jika target itu tercapai, maka diyakini penduduk miskin di Kaltim akan turun menjadi dua persen.

"Lebih bagus dari kondisi di wilayah Eropa Barat," tegasnya.

Pembangunan RLH diperlukan, karena pendudk Kaltim terutama yang tinggal di wilayah pedalaman sudah memiliki aset, berupa lahan, memiliki usaha dan pekerjaan, namun banyak yang masih belum memiliki rumah.

“Program ini sangat penting, saya juga sudah mengeluarkan Pergub nya 2021 lalu,” ujar Isran.

Dirinya mengapreasiasi perusahaan yang sudah menyalurkan dana CSR nya untuk membangun RLH di Kaltim, seperti PT Pertamina, Bankaltimtara, PT Pupuk Kaltim dan sejumlah perusahaan lain.

“Saya harap perusahaan lain, meniru karena mereka berusaha di Kaltim,” ungkapnya.

Dana CSR yang diberikan perusahaan, lanjut Isran, tidak dikelola oleh Pemprov Kaltim, melainkan langsung ke pihak TNI, jadi jangan ada kekhawatiran dana itu dikorupsi. Pihak TNI juga yang membangun rumahnya. Konstruksi rumah di wilayah pedalaman bahan bangunannya dari kayu, tapi kalau di kota dari bata ringan.

“Ini akan membantu masyarakat yang tidak memiliki rumah bisa memiliki rumah layak huni dan di beberapa daerah sudah ada yang selesai,” ujarnya.

Mantan Bupati Kutai Timur ini juga mengimbau pejabat di lingkup Pemprov Kaltim turut serta pada program ini. Termasuk Gubernur dan Wagub Hadi secara pribadi juga turut berpartispasi, dengan membangun sebanyak 15 unit RLH. (gie/her/yans/adpimprovkaltim)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait