Bank Mandiri Salurkan Kredit Rp 39 Triliun
02 Maret 2012 Admin Website Artikel 345

JAKARTA. PT Bank Mandiri (persero) Tbk berkomitmen untuk turut memajukan industri kelapa sawit di Indonesia. Salah satunya melalui pengucuran kredit ke industri sawit, baik ke perusahaan inti maupun ke koperasi petani plasma.

Direktur Commercial & Business Banking Bank Mandiri, Sunarso, di Jakarta, Kamis (1/3/2012), mengemukakan, sampai saat ini, total kredit yang dikucurkan Bank Mandiri untuk sektor kelapa sawit mencapai Rp 39 triliun.

"Kami melihat, industri ini masih akan terus berkembang, baik industri yang dikelola petani, usaha inti, maupun pengolahannya," kata Sunarso.

Sektor kelapa sawit, kata Sunarso, saat ini menjadi fokus perbankan. Namun, ia juga mengingatkan agar petani selalu siap menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi dengan industri tesebut.

"Kami berharap peran dan kontribusi petani dalam sektor ini dapat meningkat," tambah Sunarso.

Umumnya, untuk menyiapkan lahan perkebunan kelapa sawit memerlukan waktu 4 tahun. Setelah 4 tahun, lahan siap untuk berproduksi.

Chief Executive Officer PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk, Susanto, menambahkan, kelapa sawit yang siap beproduksi dapat terus menghasilkan produksi selama 25 tahun.

Rata-rata, diperlukan biaya penyiapan lahan hingga kelapa sawit siap berproduksi, sekitar Rp 45 juta per hektar.

Sinar Mas Group memiliki lahan perkebunan kelapa sawit seluas 460.000 hektar. Lahan itu tersebar di Kalimantan dan Sumatera.

DIKUTIP DARI KOMPAS, KAMIS, 1 MARET 2012

Artikel Terkait