Website Disbun Masuk 5 Besar Nasional
03 September 2013 Admin Website Berita Kedinasan 297
Website Disbun Masuk 5 Besar Nasional

SAMARINDA. Website milik Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim dengan alamat https://disbun.kaltimprov.go.id/ masuk nominasi 5 besar nasional yang diselenggarakan Kementerian Pertanian dalam kategori pelayanan publik secara online tingkat Provinsi.

"Disbun Kaltim telah memberikan pelayanan publik melalui sarana teknologi informasi dengan baik, sehingga dinilai berhak masuk dalam 5 besar nasional," kata  Kepala Disbun Kaltim Etnawati, pada apel Selasa (3/9) pagi tadi. Website Disbun Kaltim  mampu menyisihkan 58 website Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dari 26 Provinsi di seluruh Indonesia yang diberikan penilaian secara nasional.

Lomba  ini lanjutnya,  telah berlangsung sejak Maret lalu dan kegiatan ini merupakan ajang kesepuluh kalinya yang diselenggarakan Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (Pusdatin) Kementerian Pertanian.

Pesertanya terdiri dari unit Eselon I di lingkup Kementerian Pertanian, SKPD Pertanian tingkat Provinsi, kabupaten dan kota serta UPTD Pusat se-Indonesia, khususnya satuan kerja yang telah memiliki situs web.

Berdasarkan hasil penilaian tim juri yang dilakukan sejak (17/7) lalu, maka ditetapkan 5 besar untuk kategori provinsi yang akan mengikuti wawancara lomba. Selain  Disbun Kaltim terdapat Dinas Peternakan Sumatera Barat, Badan Ketahanan Pangan Riau, Dinas Peternakan Jawa Timur dan Badan Ketahanan Pangan Nusa Tenggara Barat.

Adapun, topik wawancara yang rencananya diselenggarakan di Bogor, 17-19 September 2013 mendatang dengan bahasan mengenai kelembagaan, kebijakan, infrastruktur dan dampak dari penyelenggaraan E-Government di lingkungan Disbun Kaltim.

"Target 5 besar telah tercapai, ini sekaligus suatu pembuktian bahwa Kaltim khususnya Disbun mampu bersaing dalam penyelenggaraan teknologi dan informatika dengan provinsi lainnya," imbuh Etnawati lagi.

Web Disbun Kaltim telah menoreh prestasi di tingkat nasional melalui lomba situs web Kementerian Pertanian, diantaranya nominasi 10 besar terbaik tahun 2009 dan 2010 dan 3 kali meraih juara ke-2, yakni tahun 2005, 2011 dan 2012.

"Beberapa tahun berturut-turut web instansi kami telah meraih prestasi dalam penyampaian informasi ke publik. Maka, tahun ini kami menargetkan bisa meraih juara 1 nasional, seiring dengan pencanangan tahun 2013 sebagai tahun peningkatan kinerja dan prestasi oleh Bapak Gubernur Kaltim, selain akan terus meningkatkan kualitas pelayanan yang akan disampaikan kepada masyarat," harap Etnawati. (rey)

SUMBER : SEKRETARIAT

Keterangan Gambar : Kadisbun Kaltim menerima penghargaan juara II nasional lomba website tahun 2012


Artikel Terkait