(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Website Disbun Masuk 10 Besar Nasional

24 Agustus 2017 Admin Website Berita Kedinasan 2430

SAMARINDA. Situs web milik Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim yang beralamat https://disbun.kaltimprov.go.id/ kembali masuk nominasi 10 besar secara nasional dalam lomba website yang diselenggarakan Pusat Data dan Sistem Informasi (Pusdatin) Kementerian Pertanian.

"Kita bersyukur web Disbun kembali masuk 10 besar dari 64 website satuan kerja perangkat daerah (SKPD) provinsi lingkup Kementerian Pertanian di seluruh Indonesia," kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, H. Sukardi saat ditemui di pergelaran Kaltim Expo 2017, Rabu (23/8) kemarin.

Menurut dia, nominasi nasional tersebut  untuk kategori pelayanan publik online karena Disbun dinilai telah mampu memberikan pelayanan publik melalui sarana teknologi informasi dengan baik tim penilai dari Pusdatin Kementan.

Lomba  web skala nasional ini ujar Sukardi, telah berlangsung sejak Mei lalu dengan mengambil tema Situs Web sebagai sarana peningkatan inovasi layanan publik.

Sedangkan pesertanya terdiri dari unit Eselon I di lingkup Kementerian Pertanian, SKPD Pertanian tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota serta UPT pusat seluruh Indonesia yang telah memiliki situs web.

Sukardi mengakui Disbun Kaltim terus berupaya memperbaiki tampilan dan kecepatan akses website. “Tujuannya untuk memaksimalkan dan permudah layanan dalam bentuk informasi kepada masyarakat petani dan pekebun,” jelasnya.

Fasilitas ini untuk memudahkan petani dan masyarakat mengetahui perkembangan pembangunan perkebunan di daerah. “Langkah ini untuk menuju penerapan e-Government sekaligus memudahkan komunikasi dan informasi meskipun jarak jauh,” ujarnya.

Berdasarkan penetapan daftar peserta lomba situs Web Kementan 2017, maka nominasi 10 situs web kategori SKPD provinsi dinilai tim juri sejak 30 Agutus hingga Oktober 2017 mendatang yakni Dinas Ketahanan Pangan Riau, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DI Yogyakarta, Dinas Perkebunan Kaltim, Dinas Perkebunan Jabar.

Selanjutnya, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jabar, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jabar, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim, Dinas Peternakan Aceh, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel dan Dinas Pangan Sumbar.

Sukardi menambahkan, web Disbun telah menoreh prestasi di tingkat nasional melalui lomba situs web Kementerian Pertanian. “Diantaranya satu kali meraih juara pertama nasional tahun 2015 dan lima kali meraih juara kedua nasional yakni tahun 2005, 2011, 2012, 2014 dan 2016” ungkapnya. (rey/disbun)

Daftar Nominasi 10 Besar Situs Web OPD Provinsi Lingkup Pertanian Tahun 2017

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait