(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Tujuh Desa di Kaltim Terima Reward Desa Bebas Api

29 Mei 2023 Admin Website Berita Daerah 1161
Tujuh Desa di Kaltim Terima Reward Desa Bebas Api

SAMARINDA. Tujuh desa di Kaltim menerima penghargaan berupa uang tunai yang diberikan oleh perusahaan perkebunan karena telah berhasil menjaga wilayah desanya dari bahaya kebakaran lahan perkebunan di tahun 2022.

Penghargaan berupa uang tunai diberikan kepada Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) di tujuh desa sebagai reward Desa Bebas Kebakaran, diantaranya empat desa di Kabupaten Paser dan tiga kampung di Kabupaten Kutai Barat.

"Masing-masing desa menerima uang sebesar Rp 50 juta per KTPA yang diberikan oleh perusahaan," kata Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ahmad Muzakkir diwakili Kepala Bidang Perkebunan Berkelanjutan, Asmirilda, Senin (29/05).

Desa yang mendapat penghargaan oleh PT Muaratoyu Subur Lestari yakni Desa Tualan, Desa Mendik, Desa Munggu dan Desa Muaratoyu di Kecamatan Longkali Kabupaten Paser.

Sedangkan Kampung Abit, Tondoh dan Karangan di Kecamatan Mook Manaar Bulan, Kabupaten Kutai Barat mendapatkan penghargaan oleh PT Kedap Sayaaq Dua.

Ini menjadi salah satu keberhasilan dari program inovasi iman karlabun. Dimana tahun  lalu hanya empat desa yang menerima, namun di tahun ini bertambah menjadi  tujuh desa yang mendapat reward desa bebas api.

 "Reward diberikan bersamaan dengan agenda kegiatan apel siaga sosialisasi dan pelatihan pencegahan KARHUTLA," tuturnya.

Adapun dasar dari pada kegiatan terkait kebakaran lahan dan kebun (Karlabun) sesuai Perda Nomor 7 tahun 2018 tentang Pembangunan Perkebunan Berkalanjutan.

Acara penyerahan penghargaan dibagi menjadi dua tahap, yakni Kabupaten Kutai Barat dilaksanakan di Halaman Postu Kampung Abit pada Sabtu 27 Mei 2023 dan Kabupaten Paser dilaksanakan di Kantor Kecamatan Longkali pada Rabu 31 Mei 2023 mendatang. (*/Prb/ty)

SUMBER : SEKRETARIAT

 

Artikel Terkait