Transportasi Peserta Penas Lancar
18 Juni 2011 Admin Website Artikel 319
Salah satu unsur pendukung sukses penyelenggaraan Penas XIII di Kutai Kartanegara, Kaltim adalah sukses pelayanan transportasi peserta Penas. Sukses pelayanan transportasi meliputi pelayanan bagi para peserta Penas sejak kedatangan, selama pelaksanaan hingga kepulangan seluruh peserta Penas ke daerah masing-masing.

"Kami sangat serius melakukan berbagai upaya dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi peserta Penas XIII," kata Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, Zairin Zain yang mendapat tugas sebagai Koordinator Seksi Transportasi , Jumat (17/6).

Mengantisipasi hal tersebut, apalagi Penas XIII kali ini diprediksi akan dihadiri lebih dari 30.000 peserta, Panitia Daerah Penas XIII melalui seksi transportasi yang dikomandoi Dinas Perhubungan Kaltim bekerja sama dengan Organda Kaltim dan instansi terkait lain melakukan sejumlah langkah dalam upaya memberikan pelayanan transportasi kepada seluruh peserta Penas.

Layanan transportasi yang disiapkan untuk 30.000 peserta yang datang melalui kota Balikpapan dilakukan dalam waktu 4 hari atau 7.500 peserta setiap harinya. Untuk angkutan peserta Penas tersebut, disiapkan 100 bus berkapasitas 50 tempat duduk dan 100 bus dengan kapasitas 25 tempat duduk. Para peserta tersebut datang melalui Bandara Sepinggan, Pelabuhan Semayang dan Pelabuhan Penyeberangan Fery Kariangau.

"Hingga hari ini (kemarin) peserta Penas yang datang telah kita antarkan ke lokasi pemondokan masing-masing. Semua berjalan aman dan lancar. Saat ini masih ditunggu sekitar 2.000 peserta lainnya, tetapi armada bus telah disiapkan," kata Zairin Zain, yang bersama instansi terkait lain melakukan inspeksi terakhir kesiapan transportasi Penas.

Zairin menambahkan, panitia daerah dan Organda Kaltim memfasilitasi penyiapan armada, sementara transaksi pembayaran dan jasa yang akan diberikan menjadi kesepakatan pengelola bus dan pengguna jasa angkutan. Kepada para pemilik angkutan Zairin Zain berharap agar memberlakukan tarif wajar agar pengguna yang umumnya peserta Penas luar daerah tidak dirugikan dengan harga sewa yang terlalu tinggi. Sementara itu, Ketua Organda Kaltim, H Ambo Dalle memastikan siap membantu kerja panitia Penas, khususnya seksi transportasi demi sukses penyelenggaraan Penas di Kaltim.

"Seluruh pengelola armada Penas sudah berkomitmen untuk mendukung sukses pelaksanaan Penas di Kaltim. Meski pasti banyak kendala yang kita hadapi, kami siap memberi dukungan," tegas Ambo Dalle yang dalam beberapa terakhir ini nampak sangat sibuk membantu pelayanan transportasi peserta Penas.

Diluar kerjasama dengan Organda, Panitia Penas Daerah melalui kerjasama sejumlah dinas terkait juga telah menyiapkan langkah antisipasi lainnya. Salah satunya dalam bentuk dukungan perusahaan pertambangan (batubara dan migas) yang beroperasi di Kaltim.

Dari kerjasama yang digalang dalam koordinasi Dinas Pertambangan dan Energi Kaltim, Panitia Penas Daerah mendapatkan bantuan pemanfaatan 19 kendaraan untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan Penas. 19 kendaraan tersebut secara rinci adalah 14 kendaraan berasal dari perusahaan pertambangan batubara dan 5 kendaraan bantuaan dari BP Migas. Jenisnya terbagi dalam 13 bus, 4 kijang innova dan 2 prado.

Selain itu, Panitia Penas Daerah juga menerima dukungan yang sama dari PT. PKT Bontang dalam bentuk 10 bus. Dengan langkah-langkah yang telah dilakukan, , diharapkan transportasi peserta Penas bisa terlayani secara baik. Tugas Panitia Penas Daerah juga terbantu, sebab beberapa daerah datang dengan armadanya sendiri, seperti Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Provinsi yang telah menginformasikan membawa kendaraan sendiri adalah Kalimantan Selatan dengan jumlah 200 kendaraan. Diharapkan, masing-masing provinsi tetap melaporkan kehadiran kendaraan-kendaraan tersebut sebab akan terkait dengan kemudahan dan kenyamanan pelayanan selama pelaksanaan Penas.

SUMBER : HUMAS PROV. KALTIM

Artikel Terkait