Tiga Pabrik CPO Siap Dibangun
30 April 2009 Admin Website Artikel 356
#img1# "Perusahaan sawit yang ada di Kukar saat ini sangat berkembang dan selalu dimintai para investor untuk mengembangkan sawit. Dari sekian banyaknya perusahaan ada, tiga perusahaan yang telah siap membangun pabrik CPO baru," kata Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kukar Fadli Ardin di ruang kerjanya baru-baru ini.

Perusahaan yang akan membangun pabrik CPO tersebut di antaranya PT RKP, PT Prima Mitra Jaya Mandiri (PMJM) yang beroperasi di Kota Bangun, Muara Kaman, dan Muara Wis dengan areal mencapai 20 ribu haktare. Kemudian PT Tri Tunggal Sentra Buana (TTSB) yang beroperasi di Kecamatan Muara Badak dengan luas areal 12 ribu hektare.

Pembangunan pabrik CPO oleh perusahaan sawit yang beroperasi di Kukar nantinya, dapat memberikan dampak positif terhadap kelangsung perekonomian masyarakat dengan merekrut tenaga kerja. "Inilah yang kita harapkan, agar masyarakat nantinya tidak hanya jadi penonton, melainkan ikut menikmati dampak positifnya menuju kesejahteraan," harapnya.

Berdasarkan data Dibun Kukar, terdapat 37 perusahaan sawit yang hingga kini masih aktif dan 9 perusahaan sawit yang tidak aktif. Sedangkan perusahaan baru yang mendapatkan izin lokasi di wilayah Kukar sebanyak 12 perusahaan dengan luas pengelolaan mencapai 675 hektare lebih.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, KAMIS, 30 APRIL 2009

Artikel Terkait