(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Studi Tiru Ke Jatim, Upaya Disbun Kaltim Sukseskan Korporasi Petani di Paser

16 Oktober 2023 PPID Berita Daerah 684
Studi Tiru Ke Jatim, Upaya Disbun Kaltim Sukseskan Korporasi Petani di Paser

MALANG. Dalam rangka menyusun Program Pengembangan Kawasan Perkebunan Berbasis Korporasi Petani di Kabupaten Paser tahun 2024 - 2026, Tim Dinas Perkebunan Kaltim melakukan Studi Tiru ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan dan Kunjungan Pengembangan Kawasan Pertanian Berbasis Korporasi di Malang Provinsi Jawa Timur.

Studi tiru yang dilaksanakan selama 4 hari yakni 9 hingga 12 Oktober 2023 pekan lalu, bertujuan untuk mendapatkan wawasan dan pengetahuan teknik pengelolaan dan manajemen penataan kawasan korporasi secara langsung.

Upaya ini bertujuan untuk mendukung pengembangan kawasan perkebunan berbasis korporasi petani dengan harapan akan memperkuat kelambagaan petani melalui kemitraan dan menciptakan lembaga ekonomi petani yang kuat dan mandiri di Kabupaten Paser.

"Salah satu pilot project utama dalam kegiatan ini adalah pengembangan komoditi pertanian"terang Kepala Dinas Perkebunan Prov. Kaltim Ahmad Muzakkir disela kunjungan.

Muzakkir menjelaskan bahwa Korporasi Petani  bertujuan untuk mendukung kelompok petani dalam jumlah besar dengan memberikan manajemen, aplikasi, serta cara produksi dan pengolahan yang modern.

Dengan langkah ini, para petani di Kaltim khusunya di Kabupaten Paser diharapkan akan mengalami peningkatan dalam aspek permodalan, benih dan bantuan sarana produksi, sehingga produktivitas dapat maksimal.

Selain itu, kegiatan ini juga dapat memberikan saran dan masukan terkait pengelolaan pengembangan manajemen kebun berbasis korporasi petani di Kalimantan Timur.

Tim yang terlibat dalam kegiatan ini terdiri dari 16 orang Sekretaris, Kepala Bidang Pengembangan Komoditi beserta dan Sub Bagian Perencanaan Dinas Perkebunan Kaltim. (Prb/ty)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait