(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

SP2BKS Online Menuju Top 99 SINOVIK 2018

25 Mei 2018 Admin Website Berita Daerah 2801
SP2BKS Online Menuju Top 99 SINOVIK 2018

SAMARINDA. Pelayanan Surat Persetujuan Penyaluran Benih Kelapa Sawit (SP2BKS) secara online milik Dinas Perkebunan Kaltim berhasil lolos seleksi babak pertama dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) Tahun 2018 yang digelar oleh Kementerian PAN-RB. Saat ini penilaian tahap kedua sedang dalam proses untuk masuk ke babak TOP 99.

Kepala Dinas Perkebunan, Ujang Rachmad, mengatakan proposal program inovatif yang masuk ke Kementerian PAN-RB tahun ini mencapai 2.800 proposal. Dinas Perkebunan Kaltim mengirimkan satu program, yakni SP2BKS online pada pertengahan Maret lalu dan ternyata berhasil lolos dalam seleksi tahap pertama atau Desk Evalution.

"Saat ini kami menunggu hasil selanjutnya. Semua proposal program inovasi layanan publik yang lolos tahap pertama akan disaring lagi menjadi 99 proposal terbaik atau lebih dikenal dengan Top 99," kata Ujang, Jumat (25/05) pagi.

Menurutnya, ini pertama kali keterlibatan Dinas Perkebunan mengikuti program inovasi layanan publik dan bukan semata – mata untuk mendapatkan penghargaan, namun didasari oleh tujuan ingin memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya sektor perkebunan.

Diterangkan, Dinas Perkebunan mengembangkan program pelayanan SP2BKS secara online sebagai inovasi. Dibandingkan SP2BKS secara manual selama ini yang prosesnya memerlukan waktu relatif lama sehingga terkesan lambat bagi perusahaan maupun pekebun sawit.

Ujang meyakinkan pelayanan online selain pengajuan persetujuan benih cepat, mudah dan transparan juga terbangun sistem eGoverment yang bersih, profesional, efektif dan efesien. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait