Produksi Kelapa 4.759 Ton per Tahun
16 Februari 2009 Admin Website Artikel 412
#img1# "Ini peluang besar bagi para petani kelapa di Kukar untuk terus mengembangkan kelapa ini," kata Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Pemkab Kukar Fadli Ardin, belum lama ini.

Menurutnya dari luasan tersebut, Kecamatan Samboja menempati urutan pertama dengan luasan lahan 7.677 ha, dengan rincian yang sudah ditanami kelapa seluas 3.838 ha dan yang belum seluas 3.839 ha. Kemudian disusul Muara Jawa dengan luas lahan 7.642 ha, yang sudah ditanami 3.212 ha dan yang belum 4.429 ha.

Dijelaskan, komoditas kelapa sudah diusahakan oleh petani kelapa perorangan maupun yang tergabung dalam kelompok tani. Menurut data Disbun Kukar pada periode semester I 2008, luas areal tanaman kelapa mencapai 11.779,5 ha, yang semuanya dikelola oleh 10.749 kepala keluarga (KK).

Adapun produksi tanaman kelapa di Kukar mencapai 4.759 ton dengan rata-rata 614,49 kg/ha/tahun. Hal ini masih bisa ditingkatkan produksinya sepanjang pemeliharaan rutin terus dilaksanakan sesuai petunjuk teknis yang telah dianjurkan. Misalnya, pengendalian hama dan pemupukan, serta penggunaan bahan tanaman yang benar. Di samping itu petani juga melaksanakan peremajaan tanaman bagi yang tidak produktif lagi.

Lebih lanjut dikatakan, produk tanaman kelapa hingga saat ini masih sebatas berupa kelapa sayur, kelapa muda, kopra, dan minyak kelapa. Sedangkan untuk mengelola hasil limbah produk kelapa seperti tempurung, sabut, dan air kelapa sebagai produk ikutan lainnya yang mempunyai nilai tambah, belum tergarap dengan baik oleh petani kelapa maupun pihak ketiga.

"Limbah produk kelapa, memiliki nilai ekonomis tinggi jika dimanfaatkan dengan baik, semoga ada pihak ketiga yang mau mengelolanya," harap Fadli Ardin.

Dijelaskan pula, perkebunan kelapa selama ini hanya sebatas usaha petani yang berkebun, dan belum ada perusahaan perkebunan besar swasta yang mengembangkan komoditas di wilayah ini. Ia berharap informasi dan potensi yang ada di Kukar, terutama pengembangan perkebunan kelapa, dapat menarik investor untuk mengembangkan perkebunan kelapa.

"Peluang potensi investasi komoditas kelapa di Kukar sendiri sangat menjanjikan, terutama di pasar lokal," tambah Fadli.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, SABTU, 14 JANUARI 2009

Artikel Terkait