(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Tinjau Proses Pengolahan Kopi di PT JPLM Jawa Barat

22 Juli 2024 PPID Berita Daerah 10
Disbun Tinjau Proses Pengolahan Kopi di PT JPLM Jawa Barat

BANDUNG. Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur mengadakan Orientasi Lapangan di PT. Java Preanger Lestari Mandiri (JPLM) Jawa Barat, pada Kamis, 18 Juli 2024 pekan lalu.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ence Achmad Rafiddin Rizal, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman langsung kepada peserta mengenai proses pengolahan kopi berkualitas tinggi di lapangan.

PT. JPLM dibangun sebagai percontohan korporasi perkebunan di Jawa Barat, yang terdiri dari lima koperasi yaitu Koperasi Margamulya, Koperasi Wanoja Laksana Maju, Koperasi Bukit Amanah, Koperasi Mekar Tani, dan Koperasi Mandalawangi.

Orientasi lapangan diadakan di Koperasi Mandalawangi, di mana peserta mempelajari proses pengolahan basah (wet processing) kopi. Mereka melihat langsung tahap fermentasi, pengeringan, penggilingan, dan sortasi biji kopi, yang menghasilkan kopi berkualitas tinggi dengan rasa bersih dan asam yang kompleks.

Koperasi Mandalawangi, yang berdiri sejak 2015, mengelola berbagai komoditas hasil perkebunan seperti kopi, tembakau, kapulaga, vanila, dan kapau. Koperasi ini membawahi 26 Gapoktan dan kini tengah menjalin kerjasama dengan Starbucks.

"Diharapkan, peserta orientasi lapangan dapat mengintegrasikan pengetahuan teoritis dengan pengalaman praktis, meningkatkan kapasitas dan keterampilan dalam mengelola koperasi, serta meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi melalui program pemberdayaan yang efektif." ujar Rizal.

Tujuan akhirnya adalah meningkatkan produktivitas dan kualitas produk kopi, menerapkan inovasi, serta mendorong praktik pertanian berkelanjutan dan pengelolaan koperasi yang mandiri dan berdaya saing.

Dengan mencapai tujuan-tujuan ini, orientasi lapangan diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan bagi peserta, koperasi, dan komunitas petani kopi secara keseluruhan. (afif/disbun)

Artikel Terkait