Jadi Petani Sawit
24 Februari 2011 Admin Website Artikel 290

PELUANG untuk melakukan investasi masa depan, ada di depan mata. Meskipun lokasi perkebunan inti berada di Segah, namun petani di wilayah Labanan, Kecamatan Teluk Bayur bisa memanfaatkan peluang itu.  Caranya, memanfaatkan tawaran perusahaan untuk bekerja dan menggarap lahan untuk dijadikan kebun plasma.

Melalui Koperasi Laba Sari yang dibentuknya, Damin warga Labanan, mengajak 1.000 petani di Labanan untuk bergabung mengelola kebun plasma. ”Jelas ini menguntungkan bagi petani,” kata Damin.  Melalui koperasi inilah, warga Labanan mengolah lahan untuk ditanami kelapa sawit, dengan inti dari perusahaan PT Hutan Hijau Mas (HHM).

Prospek sudah jelas.  Setiap petani menggarap 2 hektare lahan saja, sudah mampu memberikan penghasilan tambahan bagi petani. ”Selain bekerja sebagai petani,” kata Damin. Ada perhitungan hasil yang bisa didapatkan, kelak setelah sawit mulai produksi.

Ia meyakinkan kepada seluruh penggarap lahan plasma, semua kebutuhan akan ditanggulangi perusahaan inti.  Mulai dari penyediaan bibit, pemeliharaan lahan hingga menjelang masa panen. ”Pengelola lahan plasma, tinggal menunggu hasilnya,” kata Damin.  Ini jelas memberikan keuntungan, hanya dengan menggarap lahan yang tidak terlalu luas, setidaknya bisa menjadi jaminan penghasilan tanpa henti bagi petani. ”Ini buat masa depan anak-anak petani di Labanan,” tegasnya.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, KAMIS, 24 PEBRUARI 2011

Artikel Terkait