Sosialisasi Persiapan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman
30 Agustus 2018 Admin Website Berita Daerah 304
Sosialisasi Persiapan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman

SAMARINDA. Penurunan produksi komoditi perkebunan, khususnya lada diantaranya diakibatkan adanya gangguan organisme pengganggu (OPT) yang hingga kini masih menghantui petani pekebun. Bahkan upaya pengendaliannya pun sangat sulit.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Perkebunan Kaltim yang diwakili oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengembangan dan Perlindungan Tanaman Perkebunan (UPTD-P2TP), Supriyadi saat membuka Sosialisasi Persiapan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman di Kabupaten Penajam Paser Utara, pekan lalu.

"Dalam kegiatan pengembangan budidaya, tidak dapat dilepaskan peran perlindungan tanaman sebagai penjamin kualitas dan produksi perkebunan yang sehat dan produktif sehingga perlu dipersiapkan petani atau pelaku usaha perkebunan agar mampu melakukan pencegahan dan pengendalian OPT sedini mungkin," kata Supriyadi.

Melalui kegiatan ini diharapkan nantinya digalakkan Gerakan Massal Pengendalian OPT dengan membentuk Regu Pengendali OPT / Hama dengan jumlah anggota sebanyak 10 – 20 orang yang berasal dari lintas stakeholder tingkat kabupaten dan kecamatan dengan membentuk organisasi dalam mengawal gerakan pengendalian OPT baik dari Gabungan Kelompok Tani , penyuluh pertanian, Babinsa dan stakeholder terkait lainnya.

Peserta pelatihan terdiri dari 150 orang dengan menghadirkan narasumber dari Tim Brigade Proteksi Tanaman Dinas Perkebunan Kaltim. (rey/disbun)

SUMBER : UPTD PENGEMBANGAN DAN PERLINDUNGAN TANAMAN PERKEBUNAN


Artikel Terkait