Situs Website Dinas Perkebunan Masuk Nominasi Lima Besar Nasional
04 September 2019 Admin Website Berita Daerah 35
Situs Website Dinas Perkebunan Masuk Nominasi Lima Besar Nasional

SAMARINDA. Situs website Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim dengan alamat https://disbun.kaltimprov.go.id/ kembali masuk nominasi lima besar nasional pada lomba Inovasi TIK lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (PUSDATIN).

“Alhamdulillah, website Disbun kembali masuk nominasi lima besar nasional dan ini menjadi bukti kami konsisten telah memberikan pelayanan publik melalui sarana teknologi informasi dengan baik,” ungkap Sekretaris Disbun Kaltim, H. Sukardi  Rabu (04/09) pagi tadi.

Sukardi menuturkan, era keterbukaan informasi publik menjadi hal yang mutlak dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, sehingga paradigma pemerintah harus terbuka dan transparan terkait dengan informasi dan pelayanan kepada masyarakat.

“Tujuan utama kami bukan sekedar meraih juara, tapi juga meningkatkan kualitas pelayanan dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi. Itu sebabnya kami terus berupaya memperbaiki tampilan dan kualitas isi situs web serta kecepatan aksesnya,” kata Sukardi lagi.

Berdasarkan hasil prakualifikasi yang dilakukan oleh tim penilai, telah ditetapkan daftar nominator lima besar untuk kategori situs web terbaik, yakni  Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian, Balai Besar Peramalan OPT, Balai Besar Pengembangan Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Ketahanan Pangan Riau dan Dinas Perkebunan Kaltim.

Kemudian, lanjutnya, mereka yang ditetapkan sebagai nominator lima besar akan dinilai oleh dewan juri dan mengikuti wawancara di Jakarta pada Oktober 2019 mendatang untuk penentuan posisi tiga besar terbaik nasional.

Adapun topik wawancara yang dibahas mengenai kelembagaan, kebijakan, infrastruktur, dampak dan layanan unggulan dari penyelenggaraan e-Government di lingkungan masing – masing nominator.

Ditambahkan, situs web Disbun Kaltim telah beberapa kali menoreh prestasi di tingkat nasional melalui lomba situs web Kementerian Pertanian, diantaranya 5 kali meraih juara ke-2, yakni tahun 2005, 2011, 2012, 2014 dan 2016. Tahun 2015, Disbun meraih Peringkat I Lomba Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik Berbasis Web lingkup Kementerian Pertanian. Pada tahun 2017, berhasil meraih juara ke-1 lomba situs web Kementerian Pertanian.  (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait