Kaltim Expo 2017 : Tarik Investor, Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat
24 Agustus 2017 Admin Website Berita Daerah 277
Kaltim Expo 2017 : Tarik Investor, Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat

SAMARINDA. Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi membuka gelaran Kaltim Expo 2017 dalam rangka memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan RI di Convention Hall Samarinda, Senin (21/8) kemarin. Momentum Kaltim Expo tahun ini diharapkan dapat menjadi semangat pemerintah maupun pelaku usaha untuk meningkatkan pembangunan ekonomi Kaltim.  Kaltim Expo ini juga dapat dijadikan sebagai sarana promosi dan penunjang usaha yang potensial, di mana selama ini berkembang di sejumlah kabupaten dan kota sebagai tujuan untuk stasiun perdagangan maupun wisata.

"Keberhasilan kita menarik investasi dan mengembangkan potensi usaha tentu akan berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi masyarakat. Karena itu, Kaltim Expo diharapkan bisa jadi sarana penunjang untuk promosi tersebut," kata Rusmadi saat membuka Kaltim Expo 2017.  

Rusmadi mengatakan, melalui event ini kepada para pelaku usaha khususnya usaha mikro kecil dan menengah diberikan kesempatan untuk memperkenalkan berbagai hasil produksi guna mendukung pembangunan dan keberhasilan pertumbuhan ekonomi di daerah. 

Ditegaskannya, Pemprov Kaltim akan terus bekerja keras melakukan revitalisasi semua sektor ekonomi unggulan dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi berkelanjutan hingga memberi dampak positif terhadap sektor usaha kecil dan menengah.

Selain itu, mendukung pertumbuhan ekonomi Kaltim melalui sektor industri kreatif diperlukan adanya sistem informasi yang sehat demi peningkatan penanaman modal, baik dalam negeri maupun modal asing melalui pelayanan yang mudah cepat dengan kepastian hukum. 

Secara khusus perhatian juga akan difokuskan pada sektor pertanian dalam arti luas. Dengan tujuan menumbuhkembangkan potensi usaha kecil menengah dan koperasi dalam rangka menciptakan wiraswasta baru yang kreatif. Termasuk adanya dukungan perusahaan-perusahaan besar melalui program corporate social responsibility (CSR).

Meski demikian untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat, pemerintah provinsi tetap memberikan perhatian terhadap pemberdayaan koperasi dan UMKM untuk memberikan posisi yang sangat penting dan signifikan dalam menjaring lapangan kerja bagi masyarakat. Gelaran Kaltim Expo tahun ini khusus indoor terisi sebanyak 199 unit dan outdoor 85 unit. Pembukaan pameran ditandai dengan pengguntingan pita dan dilanjutkan dengan peninjauan stand pameran.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Perkebunan, H. Sukardi menyatakan pihaknya juga turut berpartisipasi dalam menyelenggarakan Kaltim Expo 2017 dengan harapan turut mengenalkan kepada masyarakat tentang hasil pembangunan di sektor perkebunan selama 5 tahun terakhir dan produk - produk hasil olahan perkebunan yang ada di Kaltim, baik dari pengembangan luas areal maupun hasil produksinya.

"Dalam kesempatan ini, kami juga akan berpartisipasi dalam penyelenggaraan Kaltim Expo 2017 dengan menampilkan secara jelas profil dan keberhasilan pelaksanaan program-program prioritas sektor perkebunan, sekaligus sebagai wahana promosi potensi usaha perkebunan di Kaltim," ungkap Sukardi.

Selain itu, Sukardi menambahkan, untuk menarik minat pengunjung, Disbun juga menyelenggarakan dialog interaktif setiap harintya dan menyediakan undian kuisioner dengan hadiah menarik. Adapun materi yang diberikan merupakan pengetahuan umum seputar perkebunan. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait