Siapkan Bibit Seharga Rp 15 M
29 April 2013 Admin Website Berita Daerah 317
Siapkan Bibit Seharga Rp 15 M

SANGATTA. Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Dinas Perkebunan (Disbun) tahun ini menyiapkan anggaran sebesar Rp 15 miliar lebih untuk pengadaan bibit dua komoditas unggulan, yakni kelapa sawit dan karet. Dipilihnya karet dan sawit, karena masih dianggap sebagai tanaman paling menguntungkan untuk dikembangkan.

Selanjutnya bibit tersebut akan dibagikan gratis kepada sejumlah kelompok tani. "Untuk bibit karet bakal ditanam pada areal seluas 1.400 hektare lahan milik kelompok tani. Sedangkan bibit sawit ditanam pada lahan seluas 1.000 hektare," ucap Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kutim Akhmadi Baharudin didampingi Kepala Bidang (Kabid) Produksi Kasiyanto, dan Kepala Seksi (Kasi) Bahan Tanaman Heru.

Lebih jauh disebutkan, dana Rp 15 miliar itu terbagi untuk pengembangan karet Rp 9,8 miliar dan diperkirakan mampu untuk pengadaan 719 ribu bibit. Sementara itu untuk kelapa sawit sebesar Rp 5,9 miliar, guna pengadaan 133 ribu pohon bibit.

Pengadaan bibit ini akan dibagi sesuai zona yang ada di Kutim. Diharapkan masyarakat yang ingin mendapatkan bibit dimaksud, harus memenuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku.

"Sedangkan kelompok tani yang memperoleh bantuan, semuanya sudah terdata di Dinas Perkebunan. Kelompok tani itulah yang bakal memperoleh bantuan bibit karet maupun sawit," tambah Akhmadi.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, SENIN, 29 APRIL 2013


Artikel Terkait