Sawit Primadona Warga Kutim
10 Juli 2014 Admin Website Berita Daerah 400
Sawit Primadona Warga Kutim
SANGATTA. Sektor perkebunan kelapa sawit di Kutim berkembang sangat menggembirakan. Saat ini, semua warga mendambakan memiliki perkebunan kelapa sawit, karena dinilai mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga. Sektor perkebunan kelapa sawit saat ini menjadi primadona bagi masyarakat Kutim, terutama para petani yang berada di pedalaman.
 
Perkebunan kelapa sawit berkembang dan produksinya terus meningkat dari tahun ke tahun. Perbedaan Kutim dengan daerah lain dalam upaya pengembangan perkebunan kelapa sawit adalah dukungan pemerintah, swasta dan masyarakat yang sungguh luar biasa, sehingga berimbas pada majunya perekonomian rakyat.
 
Perkembangan perkebunan kelapa sawit di Kutim bahkan dinilai banyak kalangan merupakan yang terbaik di negara ini. Mengingat peluang investasi perkebunan di Kutim sangat bersahabat, yakni memiliki iklim investasi yang kondusif.
 
Untuk meningkatkan kemampuan petani yang terlibat pola kemitraan mandiri diperlukan kerja sama dengan berbagai pihak. Berkat kerja sama itulah mampu dicapai peningkatan kesejahteraan bagi petani melalui koperasi. Pola kemitraan mandiri memiliki peran yang positif meningkatkan kemampuan petani rakyat.
 
Bahkan pada tahun ketiga, dapat dihasilkan tandan buah segar (TBS) sawit untuk satu hektare mencapai 27 ton dalam setahun. Jumlah pabrik kelapa sawit yang ada di Kutim ikut meningkat dan mencapai 20 unit atau yang terbanyak se-Kaltim.
 
"Kemajuan bidang perkebunan kelapa sawit di daerah ini berkat masyarakat yang selalu mendukung kebijakan Pemkab Kutim, menciptakan iklim investasi yang kondusif, perizinan dan kepastian hukum yang diberikan oleh pemerintah, sehingga membuat ketertarikan investor menanamkan modalnya semakin bertambah," kata Bupati Kutim, Isran Noor pada beberapa waktu lalu saat pertemuan dengan masyarakat dalam kunjungan kerjanya.
 
Menurut orang nomor satu di Pemkab Kutim ini pertumbuhan perkebunan kelapa sawit di daerah ini sungguh luar biasa, yang berdampak positif kepada kesejahteraan masyarakat. Dia mengatakan apa yang telah dicapai pemerintah kabupaten bersama-sama swasta dan masyarakat untuk menunjang perekonomian daerah Indonesia Timur, sungguh merupakan pekerjaan yang luar biasa hebat. Dia berharap dukungan masyarakat terus diberikan demi kemajuan daerah ini. (kmf4/obi/k9)

SUMBER : http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/83713-sawit-primadona-warga-kutim.html

Artikel Terkait