Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian
28 April 2015 Admin Website Berita Daerah 292

SAMARINDA. Guna mendapatkan kembali opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak meminta kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk bisa bekerja cepat menuntaskan program-program sesuai target.

"Dalam pencapain target program masing-masing SKPD  yang perlu diperhatikan  adalah meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan sebagai bagian dari upaya  mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik," kata Awang Faroek Ishak di hadapan kepala SKPD, belum lama ini.

Awang Faroek berharap, seluruh jajaran SKPD Pemprov Kaltim terus bekerja lebih baik. Sebab, untuk meraih lagi opini WTP tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi perlu perjuangan keras agar usaha dan upaya melalui peningkatan kinerja membuahkan hasil yang maksimal.

"Saya menghendaki semua jajaran Pemprov mulai dari pimpinan, staf dan karyawan terus meningkatkan kinerja, terutama pengelolaan keuangan yang harus sesuai standar akuntasi pemerintah. Ini sangat penting untuk meraih kembali opini WTP," pinta Awang Faroek.

Menurutnya, kinerja keuangan dan laporan pengelolaan keuangan erat kaitannya dengan keberhasilan pelaksanaan pembangunan. Kesuksesan di bidang ini diharapkan program–program yang direncanakan segera terlaksana dan dinikmati masyarakat. Itu sebabnya, Pemprov bersama legislatif berupaya menyelesaikan pembahasan dan persetujuan anggaran tepat waktu.

"Tujuannya agar proses pengadaan barang dan jasa dapat dilakukan lebih awal, sehingga waktu pelaksanaan kegiatannya relatif panjang dan dapat dituntaskan," ujarnya.

Ditambahkan, kinerja keuangan dan laporan keuangan yang baik dapat mencegah penyimpangan. Hal ini juga sesuai target Pemprov mewujudkan pemerintahan bersih dan berwibawa. Salah satunya memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap laporan keuangan daerah.

"Intinya bagaimana semua membangun sinergi mewujudkan WTP. Secara bertahap semua harus meningkat," tutup Gubernur.  (mar/sul/hmsprov)

SUMBER : HUMAS PROV. KALTIM


Artikel Terkait