Pertahankan Posisi Penghasil Lada Terbanyak
02 Juni 2014 Admin Website Berita Daerah 840
Pertahankan Posisi Penghasil Lada Terbanyak

PENAJAM. Kepala Bidang Perkebunan Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) PPU, Andi Halis mengatakan akan mempertahankan posisi PPU sebagai daerah penghasil lada terbanyak di Kaltim.

"PPU selalu peringkat kedua di bawah Loa Janan, Kutai Kartanegara sebagai penghasil lada terbanyak di Kaltim," ujarnya.

Andi menjelaskan, posisi kedua didapat karena pada tahun 2013, luas areal komoditi lada di PPU mencapai 1.369 hektar dengan produksi 1.028 ton lada putih. Kecamatan Waru dan Sepaku merupakan daerah penghasil terbanyak tanaman yang memiliki cita rasa pahit, pedas, hangat dan antipiretik ini.

Cara ditempuh Dishutbun menaikkan posisi saat ini, menurut Andi, dengan mengadakan berbagai penyUluhan dan pembinaan kepada petani agar tidak bosan menanam lada.

"Tanam lada itu gampang–gampang susah. Petani harus rajin memangkas, mengikat sulur, mengendalikan gulma dan pemupukan. Nah, kegiatan rutin ini terkadang menimbulkan rasa bosan petani. Belum lagi, rayuan petani lain yang kadang mengajak mengubah tanaman lada jadi kelapa sawit," ujarnya.

Selain itu, Dishutbun berusaha menambah hasil produksi tahun ini menjadi 1.131 ton, naik 10 persen dan menambahkan lahan lada baru seluas 25 hektar. "Langkah ini kami tempuh guna mempertahankan posisi kami saat ini. PPU belum bisa menyaingi Loa Janan. Selain itu, tanaman lada di PPU merupakan salh satu komoditas andalan," pungkasnya.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, JUMAT, 30 MEI 2014


Artikel Terkait