(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Penyuluh Perkebunan Harus Pahami Program Kerja

17 Maret 2015 Admin Website Berita Kedinasan 4414
Penyuluh Perkebunan Harus Pahami Program Kerja

SAMARINDA. Penyuluh perkebunan harus bisa bekerja profesional, diantaranya menguasai program kerja wilayah kerja masing- masing selama satu tahun ke depan.

Demikian Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim, Hj. Etnawati mengatakan dalam sambutannya sekaligus membuka Pertemuan Penyusunan Program Penyuluh, di Samarinda, pekan lalu.

Menurutnya, peran penyuluh dan petugas lapangan sangat besar terhadap pengembangan kelembagaan dan SDM petani pekebun, yakni melalui pendampingan dan penyuluhan kepada kelompok tani dan petani perkebunan rakyat, khususnya di wilayah Kaltim.

"Pendampingan dan penyuluhan tidak hanya dilaksanakan pada saat ada kegiatan saja, namun dilakukan secara berkesinambungan dan terjadwal sepanjang tahun sesuai dengan kebutuhan kelompok tani," papar Etnawati.

Pendampingan dan penyuluhan yang berkesinambungan kepada petani, kelompok tani dan gabungan kelompok tani dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam merencanakan dan mengelola usaha tani yang dapat menunjang pengembangan perkebunan rakyat di Kaltim termasuk melalui pola PIR Swadaya.

Etnawati menerangkan, tahun 2015 ini, Disbun melakukan ekstensifikasi penanaman baru komoditi perkebunan berupa perluasan areal karet seluas 400 Ha dan lada seluas 50 Ha, serta ekstensifikasi kebun kelapa sawit seluas 800 Ha yang tersebar di empat kabupaten di Kaltim, yakni Kukar, Kutim, Kubar dan PPU.

"Kami berharap, dengan tumbuh dan kembangnya kelembagaan petani dapat berdampak langsung pada peningkatan skala usaha tani, berkembangnya kemitraan usaha, pemasaran dan peningkatan pendapatan petani sehingga memperkuat posisi tawar petani," kata Etnawati. (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG PENGEMBANGAN

 

Artikel Terkait