PENAS XIV Tahun 2014 Siap Digelar
20 Mei 2014 Admin Website Berita Nasional 343
PENAS XIV Tahun 2014 Siap Digelar

JAKARTA. Menteri Pertanian RI, H. Suswono menggelar konferensi pers menjelang pelaksanaan Pekan Nasional (PENAS) Petani - Nelayan XIV Tahun 2014 dengan mengusung tema "Memantapkan Kepemimpinan dan Kemandirian Kontak Tani Nelayan dalam rangka Pengembangan Kemitraan dan Jejaring Usahatani Guna Mewujudkan Kesejahteraan Petani Nelayan" yang rencananya dibuka pada tanggal 7 Juni 2014 mendatang di Stadion Kanjuruhan Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang.

Menurutnya, tujuan pelaksanaan PENAS yang secara periodik diselenggarakan 4 tahun sekali ini, untuk meningkatkan motivasi pelaku utama dan pelaku usaha di bidang pertanian dalam arti luas, sekaligus menjadi ajang tukar menukar informasi, teknologi dan pengalaman antara para petani - nelayan, peneliti, penyuluh, pihak swasta dan pemerintah serta ajang promosi dan pemasaran bagi produk - produk pertanian di Indonesia, sehingga dapat membangkitkan semangat, tanggungjawab, serta kemandirian bagi petani - nelayan sebagai pelaku utama pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.

H. Suswono memperkirakan kurang lebih 35 ribu orang akan menghadiri acara ini, terdiri dari petani – nelayan seluruh Indonesia, organisasi Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Persatuan Petani Nelayan Seluruh Indonesia (PPNSI), Dewan Tani Indonesia (DTI), Serikat Petani Indonesia (SPI) dan Syarikat Tani Islam Indonesia (STII), aparatur pendamping dan tim peninjau.  

Melalui PENAS XIV Tahun 2014 ini, Suswono berharap petani - nelayan berkesempatan untuk mengisi dalam upaya memperkuat kepemimpinan agribisni di tingkat petani - nelayan, memberi motivasi kepada petani - nelayan untuk saling berinteraksi dan bersinergi dalam memanfaatkan sumberdaya alam pertanian dan peningkatan pendapatannya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarganya. (rey/disbun)

SUMBER : KEMENTERIAN PERTANIAN

 


Artikel Terkait