Pembukaan Rakorbun Kaltim 2011 Berjalan Lancar
29 Maret 2011 Admin Website Artikel 347
BALIKPAPAN. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim menggelar Rapat Koordinasi Perkebunan (Rakorbun) yang akan berlangsung hari ini Selasa (29/3) hingga besok Rabu (30/3) di Hotel Aston, Balikpapan. Rakorbun kali ini yang bertema  "Mewujudkan Perkebunan yang Berdaya Saing Berkerakyatan dan Berkelanjutan Menuju Kaltim Bangkit 2013" diikuti seluruh Dinas Perkebunan di 14 kabupaten dan kota se-Kaltim.

Dalam kesempatan kali ini, H Sulaiman Gafur, SE selaku Staf Ahli Bidang Pembangunan didaulat membuka acara yang berlangsung selama 2 hari di Balikpapan ini. Adapun sebagai narasumber Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian yang diwakili oleh Sri Ardiati dengan materi "Implementasi Kebijakan Program Revitalisasi Perkebunan", Dinas Peternakan Kaltim yang dihadiri oleh Kadisnak H. Ibrahim dengan materi yang disampaikan "Integrasi Sawit dan Ternak" serta Badan Perbatasan dan Daerah Terpencil Kaltim yang dihadiri oleh DR Drs Darono SP dengan materi "Potensi Pembangunan Perkebunan di Wilayah Perbatasan".

Tujuan utama program ini, untuk melaksanakan evaluasi program dan kegiatan program pembangunan 2010, dan memantapkan pelaksanaan anggaran perkebunan yang berbasis kinerja 2011 sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Hasil proses musyawarah tersebut diharapkan terjalin komitmen keterpaduan pembangunan perkebunan di Kabupaten/Kota yang didukung oleh berbagai sumber pembiayaan Pusat dan Daerah dalam berkelanjutan dan prioritas pembangunan kawasan perkebunan tahun 2012.

Acara ini rencananya akan dilanjutkan dengan Orientasi Lapangan (OL) ke Makassar, Sulawesi Selatan guna mengunjungi Kabupaten Bulukumba yang menjadi pusat Gernas Kakao di Sulawesi Selatan sebagai studi banding pengembangan Gernas Kakao di Kaltim yang baru dimulai dari tahun 2009 kemarin. Kunjungan dilanjutkan dengan mengunjungi Kawasan Industri Makassar (KIMA) yang menjadi kawasan industri di  Sulawesi Selatan.

SUMBER : SUB BAGIAN PERENCANAAN PROGRAM


Artikel Terkait