Pelayanan Wartawan di Penas Jadi Perhatian
28 April 2011 Admin Website Artikel 361

SAMARINDA - Demi suksesnya penyelengaraan Pekan Nasional (Penas) XIII Petani Nelayan yang akan berlangsung pada 18-23 Juni. Panitia Seksi Publikasi, Dokumentasi dan Pelaporan, terus memantapkan persiapan.

"Waktu terus berlalu dan pelaksanaan Penas sudah semakin dekat. Kita tidak bisa main-main ini acara nasional. Kita harus merapatkan barisan demi suksesnya acara ini," kata Ketua Seksi Publikasi, Dokumentasi dan Pelaporan, Irsal Syamsa, saat mengelar rapat di Samarinda, Rabu (25/4).

Dalam rapat tersebut terfokus masalah peliputan yang berkaitan dengan pelayanan wartawan, karena menyangkut kehadiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sehingga para wartawan saat meliput harus memiliki ID Card khusus.

Pertemuan tersebut juga dibahas tentang pendaftaran wartawan baik di daerah maupun nasional, sehingga bisa memberikan pelayanan maksimal sesuai dengan tugas pokok dan pungsi seksi tersebut.

Selain itu juga membicarakan tentang kesiapan panitia untuk memberikan pelayanan pada wartawan saat pelaksanaan Penas berlangsung di ruang Media Center yang tentunya bekerjasama dengan panitia di Kabupaten Kukar sebagai tuan rumah.

Melalui seksi ini, juga dibentuk pelayanan informasi yang nantinya dapat memberikan keterangan pada sejumlah pihka yang ingin memnanyakan tentang hal-hal yang berkaitan dengan Penas baik saat persiapan maupun pada pelaksanaan mendatang.

Irsal mengkui, informasi terkait soal penas memang akan ada pada Jurnal Penas, namun pasti ada sejumlah hal yang tentunya akan menjadi pertanyaan sejumlah peserta dan beberapa pihak yang juga membutuhkan penerangan dari petugas.

"Kita akan menempatkan sejumlah petugas di ruang Media Center untuk memberikan informasi terkait pelaksanaan Penas kepada sejumlah pihak yang membutuhkan, termasuk kalangan wartawan yang meliput perhelatan nasional ini" kata Irsal.

Pembahasan tersebut juga menghadirkan sejumlah fotografer dan kameramen yang akan bertugas untuk mengabadikan berbagai kegiatan selama berlangsung Penas XIII di Kota Raja Tenggarong.

Diharapkan dengan personil fotografer dan kemeramen tersebut, semua kegiatan Penas bisa diabadikan dan dipulblikasikan untuk kepentingan umum, termasuk melayani wartawan yang membutuhkan foto untuk kepentingan pemberitaan.

"Kami menyiapkan masing-masing 10 tenaga fotografer dan kameramen untuk mengabadikan berbagai kegiatan selama berlangsungnya Penas yang nantinya akan menjadi bahan untuk laporan dalam bentuk CD maupun album foto," ujarnya.

Usai rapat disepakati masing-masing petugas akan melakukan pertemuan lajutan untuk mempertajam kegiatan, termasuk melakukan koordinasi dengan jajaran panitia dari Kabupaten Kukar, sehingga terjalin sinergisitas yang lebih baik.

SUMBER : HUMAS PROV. KALTIM

Artikel Terkait