Pabrik Sawit Beroperasi 2009
22 November 2008 Admin Website Artikel 300
Salah satunya adalah faktor alam (hujan dan gelombang laut). Kemudian, kondisi sarana transportasi di kawasan itu belum memadai, sehingga angkutan material seperti pasir dan kerikil ke lokasi pabrik terkendala.

Peletakan batu pertama pembangunan pabrik tersebut dilakukan 1 Agustus 2007. Saat itu, Bupati dan unsur Muspikab lainnya hadir. Pelaksanaan running test/take over test dan commissioning dilakukan 7 November 2008. Sebelum dioperasikan, pabrik berkapasitas 45 ton TBS per jam masih dilakukan penyempurnaan dan diperkirakan selesai 100 persen akhir tahun ini.

Kapasitas pabrik itu dapat ditingkatkan menjadi 60 ton TBS per jam, namun ke depan tentu pengoperasiannya akan disesuaikan jumlah TBS yang diterima dari kebun sawit di Talisayan dan sekitarnya. Saat beroperasi nanti, pabrik tersebut tetap memberdayakan masyarakat sekitar. Pemanfaatan tenaga kerja dari desa sekitar, telah dilakukan dengan merekrut sebanyak 22 orang hasil seleksi dari 80 orang. Sebelum terjun ke lapangan, mereka lebih dulu menjalani pelatihan selama 6 pekan.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, SABTU, 22 NOPEMBER 2008

Artikel Terkait