(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

NKT Terkait Aspek Biodiversity

13 November 2019 Admin Website Berita Daerah 2375
NKT Terkait Aspek Biodiversity

BALIKPAPAN. Hari kedua di pelatihan identifikasi dan pengelolaan Kawasan Bernilai Konservasi Tinggi (KBKT) di areal perkebunan diisi materi oleh Siswoyo dari PT Tropenbos, Selasa (12/11/2019) di Hotel Aston Balikpapan.

Materi yang dibahas Tentang NKT terkait Aspek Biodiversity ada tiga kategori yaitu NKT -1 (keanekaragaman spesies), NKT -2 (lanskap hutan utuh, mosaik , dan ekosistem pada tingkatan lanskap) dan NKT -3 (ekosistem dan habitat).

"Kriteria NKT terkait aspek biodiversity adalah kawasan yang mempunyai atau memberikan fungsi pendukung keanekaragaman hayati bagi kawasan lindung atau konservasi. Kawasan bentang alam luas yang memiliki kapasitas untuk menjaga proses dan dinamika ekologi secara alami. Kawasan yang merupakan habitat bagi populasi spesies yang terancam, penyebaran terbatas atau dilindungi yang mampu bertahan hidup (viable population)," jelas Siswoyo.

Kelompok kawasan lindung atau konservasi terdiri kawasan yang memberikan perlindungan kawasan dibawahnya, kawasan perlindungan setempat, kawasan suaka alam dan cagarbudaya serta kawasan rawan bencana alam.

Pelatihan ini dilaksanakan dari tanggal 10 - 16 November 2019. Dihari keempat ada praktek lapangan di kebun PT Sukses Tani Nusasubur dan PT. Gawi Makmur Kalimantan yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara.(dea/her/yans/humasprovkaltim)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait