Disbun Kembangkan Pala dan Serai Wangi
15 Desember 2020 Admin Website Berita Daerah 257
Disbun Kembangkan Pala dan Serai Wangi

SAMARINDA. Selain terus mendorong pengembangan lima komoditi unggulan tanaman perkebunan, seperti kelapa sawit, kakao, karet, kelapa dalam dan lada.

"Tahun 2021, kami akan mengembangkan tanaman Pala dan Serai Wangi," kata Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ujang Rachmad usai peringatan Hari Ulang Tahun Perkebunan (Hutbun) ke-63 Tahun 2020 di Ruang Rapat Hevea Kantor Disbun Kaltim, Kamis (10/12/2020) pekan lalu.

Pengembangan dua komoditi baru berupa tanaman pala dan serai wangi lanjut Ujang, sebagai bahan baku industri atau produksi minyak atsiri.

Untuk kawasan pengembangannya, menurut dia, sesuai masterplan kawasan perkebunan berbasis korporasi petani yang telah dipetakan berdasarkan potensi masing-masing daerah.

Ujang berharap pengembangan tanaman pala dan serai wangi diminati petani, sehingga berimbas pada ketersediaan bahan baku untuk industri minyak atsiri.

"Minyak atsiri merupakan salah satu komoditas ekspor agroindustri potensial sebagai sumber devisa," jelasnya.

Diakuinya, permintaan pasar untuk minyak atsiri dalam maupun luar negeri semakin meningkat. Terutama untuk memenuhi industri pangan, farmasi, dan kosmetik.

"Semoga Kaltim bisa menjadi sentra tanaman pala dan serai wangi untuk produk minyak atsiri atau turunan minyak atsiri," harapnya.(yans/sdn/humasprovkaltim)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait