Mahasiswa Politani Praktek Lapang Budidaya Lada
Mahasiswa Politani Praktek Lapang Budidaya Lada

SAMARINDA. Dalam rangka pembelajaran tentang budidaya tanaman lada, mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (Politani) melakukan kunjungan lapang ke Stasiun Lada KM 41 Loa Janan milik Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim, Jumat (30/05) pagi tadi.

Kepala Disbun Kaltim yang diwakili oleh Kepala Seksi Teknologi Terapan Budidaya Perkebunan, M. Reva Yovani yang didampingi oleh Kepala UPP Loa Janan, Wahono mengatakan rombongan yang berjumlah 55 orang ini, terdiri 49 orang mahasiswa, 5 orang dosen pembimbing dan 1 orang tenaga teknis akan mengunjungi kebun lada yang berada di desa Batuah, kecamatan Loa Janan, Kukar.

Ditambahkannya, praktek dilanjutkan dengan mengunjungi kebun lada milik petani binaan, yaitu kebun milik Basri yang merupakan anggota kelompok tani Mega Buana Jaya, yang berada di KM 39 kecamatan Loa Janan, Kukar.

Dalam kesempatan kali ini, mahasiswa mengadakan diskusi mengenai teknis pengembangan dan budidaya tanaman lada di kaltim mulai dari penyediaan bibit, teknik pemupukan, pemangkasan, cara mendeteksi tanaman yang terserang hama serta cara penanggulangannya hingga proses pasca panen.

"Kami berharap, dengan adanya kunjungan tersebut dapat bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan para mahasiswa mengenai budidaya lada," ungkap Reva.

Diterangkan pula, kunjungan ini merupakan kunjungan kedua oleh Politani setelah sebelumnya pernah dilakukan kunjungan serupa pada tahun 2012 yang lalu. (rey/disbun)

SUMBER : UPTD TEKNOLOGI TERAPAN PERKEBUNAN 


Artikel Terkait